Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 Maret 2019 | 07:15 WIB

Imran Khan PM Baru Pakistan

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 08:15 WIB

Berita Terkait

Imran Khan PM Baru Pakistan
(Foto: AFP)

INILAHCOM, Islamabad--Majelis Nasional Pakistan resmi memilih Imran Khan sebagai PM. Ini menandai peralihan kedua secara damai dari satu pemerintah yang terpilih secara demokratis ke pemerintah berikutnya sepanjang 70 tahun usia negara itu yang kerap dicemari oleh intervensi militer.

Khan, bintang kriket yang beralih menjadi politisi dan memimpin partai Pakistan Tehreek-i-Insaf (PTI), meraih 176 dari 272 suara yang diberikan di majelis rendah di parlemen.

PTI meraih kursi terbanyak dalam pemilihan legislatif 25 Juli lalu, tetapi memerlukan dukungan partai-partai politik kecil dan independen untuk membuat Khan terpilih, Jumat (17/8/2018).

Pesaing Khan, Shahbaz Sharif, calon dari partai Pakistan Muslim League-N (PML-N), meraih 96 suara.

Partai Rakyat Pakistan (PPP), kelompok politik terbesar ketiga yang juga partainya mantan PM Benazir Bhutto yang tewas dibunuh, abstain dari proses pemungutan suara di majelis beranggotakan 342 orang itu.

PML-N dan PPP, bersama-sama dengan semua partai oposisi lainnya, menolak hasil pemilihan bulan lalu yang mereka sebut proses yang dicurangi, tapi tuduhan ini ditepis komisi pemilu Pakistan yang independen. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x