Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 05:19 WIB

Otoritas China Tahan Koresponden VOA

Selasa, 14 Agustus 2018 | 07:15 WIB

Berita Terkait

Otoritas China Tahan Koresponden VOA
Profesor Sun Wenguang - (Foto: ndtv)

INILAHCOM, Shandong--Koresponden VOA Seksi Bahasa Mandarin Senin (13/8/2018) malam ditangkap oleh polisi China ketika dia berusaha mewawancarai seorang pensiunan guru besar Tionghoa, profesor Sun Wenguang, yang dicomot dan dibawa pergi oleh pihak berwenang dua minggu lalu.

Koresponden Yibing Feng ditahan di Jinan, Provinsi Shandong setelah berbicara dengan profesor Sun Wenguang, 84, melalui pintu apartemennya yang tertutup. Wenguang memberi tahu Feng rincian penahanannya dan berterima kasih kepada VOA karena mengizinkannya menyatakan kebebasan berbicara.

Pihak berwenang di lorong apartemen berusaha beberapa kali mengganggu wawancara itu dan memerintahkan kepada Feng dan asistennya dari China untuk meninggalkan gedung itu. Dua staf VOA kemudian ditahan oleh polisi di pintu ke luar gedung.

Hingga berita ini diturunkan mereka diyakini masih berada dalam tahanan polisi. Sun Wenguang, yang ditahan awal bulan Augustus, baru-baru ini diizinkan pulang ke rumahnya di bawah pengamanan ketat, kata teman-teman dekatnya kepada VOA. Pihak berwenang China menolak berkomentar mengenai penahanan itu.

Profesor Wenguang mengatakan kepada teman-temannya bahwa setelah dia ditangkap pada tanggal 1 Agustus, dia dipindahkan ke beberapa lokasi termasuk vila pegunungan Yanzi di Daerah Militer Jinan, sebuah hotel dan pusat penerimaan militer di Jinan, China timur, yang adalah kampung halamannya. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x