Find and Follow Us

Minggu, 16 Juni 2019 | 17:31 WIB

Asosiasi HAM Nikaragua Dipaksa Tutup Kantor

Senin, 6 Agustus 2018 | 11:34 WIB
Asosiasi HAM Nikaragua Dipaksa Tutup Kantor
Demonstran anti-pemerintah Nikaragua di Managua. - (Foto: voa)

INILAHCOM, Managua--Asosiasi Hak Asasi Nikaragua dipaksa menutup semua kantornya di negara itu, setelah aktif memberikan informasi kepada dunia luar mengenai kekerasan terhadap para demonstrans anti-pemerintah.

Menurut asosiasi itu, yang dikutip VOA, Senin (6/8/2018), pihaknya juga menerima ancaman telepon serta "informasi mengkhawatirkan" bahwa pemerintah sedang berencana merekayasa dakwaan kriminal palsu terhadap para anggotanya. Tidak dirinci siapa kira-kira yang melakukan ancaman itu.

Kekerasan di Nikaragua, dikatakan, telah menewaskan 448 orang sejak bulan April. Asosiasi itu menyalahkan pemerintahan Daniel Ortega dan para warga sipil bersenjata yang mendukungnya sebagai penyebab sebagian besar kematian itu.

Presiden Ortega mencap demontran anti-pemerintah sebagai teroris yang berkomplot hendak menggulingkannya. Ia menampik tuntutan demonstran agar melakukan pemilihan awal dan menolak imbauan Gereja Katolik agar ia berbicara dengan oposisi.

Demonstran menuduh Ortega, bekas pemimpin pemberontak komunis, beralih menjadi diktator otoriter yang sama dengan yang ia jatuhkan tahun 1979.[voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x