Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 18:27 WIB

AL Cina, ASEAN Lakukan Latihan Darurat

Oleh : - | Sabtu, 4 Agustus 2018 | 10:24 WIB
AL Cina, ASEAN Lakukan Latihan Darurat
Angkatan Laut Cina saat melakukan latihan militer di Laut Cina Selatan. - (Foto: voa)

INILAHCOM, Singapura--Angkatan Laut Cina dan Asia Tenggara melakukan latihan bersama menanggapi situasi darurat dan membangun sikap saling percaya, di tengah-tengah perselisihan yang telah lama bergejolak di Laut Cina Selatan.

Latihan dua hari yang berakhir Jumat (3/8/2018) kemarin ini melibatkan lebih dari 40 anggota Angkatan Laut Cina dan ASEAN. Mereka bekerja dengan skenario pencarian dan penyelamatan setelah insiden tabrakan kapal.

Angkatan Laut Singapura menjadi tuan rumah simulasi di pusat pelatihan di markas Angkatan Laut di Changi, di mana para perwira mengkoordinasikan pengerahan pasukan dan pendaratan helikopter di kapal-kapal Angkatan Laut.

Mereka memantau perkembangan di tiga layar raksasa, termasuk satu di antaranya yang memperlihatkan lokasi tabrakan antara sebuah kapal tanker minyak, yang dianggap terbakar, dan sebuah kapal penumpang yang tenggelam dan membuat penumpangnya berpencaran di laut berombak besar.

Kolonel Lim Yu Chuan dari Angkatan Laut Singapura menyatakan simulasi ini adalah awal yang sukses bagi manuver sungguhan di laut yang direncanakan berlangsung bulan Oktober di Cina.

Penyelenggara tidak mengaitkan secara langsung latihan itu dengan sengketa teritorial, yang meningkat setelah Cina mengubah tujuh pulau karang yang disengketakan menjadi pulau-pulau buatan, tiga di antaranya diperlengkapi dengan landas pacu. Pulau-pulau itu kini menyerupai pangkalan dengan bangunan-bangunan dan senjata, termasuk rudal darat ke-udara, dan telah memicu protes, termasuk dari pihak-pihak lain yang juga mengklaim wilayah tersebut.

Cina dan ASEAN telah bertahun-tahun mengadakan pembicaraan dalam upaya meredakan ketegangan dan mencegah sengketa itu berubah menjadi konflik terbuka. [voa/lat]

Tags

Komentar

Embed Widget

x