Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 16:32 WIB

Korut Kembalikan Jasad Tentara AS dengan Liontin

Kamis, 2 Agustus 2018 | 10:41 WIB

Berita Terkait

Korut Kembalikan Jasad Tentara AS dengan Liontin
Militer AS melakukan upacara pemulangan kembali di markas udara Osan, Korea Selatan. - (Foto: wsj)

INILAHCOM, Osan--Korea Utara (Korut) mengembalikan 55 peti yang diyakini berisi jasad pasukan AS yang tewas pada Perang Korea, tetapi hanya satu jasad yang memiliki tanda jati diri militer, kata pejabat AS, seperti diktutip dari BBC, Kamis (2/8/2018).

Seorang ahli forensik mengatakan tes pendahuluan menunjukkan jasad tersebut "kemungkinan adalah warga Amerika".

Peti-peti tersebut dalam perjalanan dari Korea Selatan ke Hawaii agar dapat dilakukan pemeriksaan mendalam.

Korut sebelumnya mengembalikan jasad tentara asing, tetapi kemudian diketahui terjadi salah identifikasi.

Hari Rabu (1/8/2018), militer AS melakukan upacara pemulangan kembali di markas udara Osan, di Korea Selatan setelah peti-peti tersebut tiba dari Korut pekan sebelumnya.

"Saat ini tidak ada alasan untuk meragukan jasad ini ada hubungannya dengan Perang Korea," kata John Byrd, antropolog forensik yang bekerja untuk badan yang bermarkas di Hawaii yang ditugaskan untuk mengidentifikasi jenazah.

Dia mengatakan para pejabat sudah menghubungi keluarga tentara yang jati dirinya diduga tertera pada liontin kalung tentara dan menekankan masih terlalu dini untuk memastikan apakah identitas tersebut sesuai dengan jasadnya.

Pada tahun 2011, Pyongyang mengembalikan jasad yang diduga pilot pesawat tempur Inggris, tetapi ternyata kemudian diketahui adalah sisa mayat binatang.

Pejabat AS mengisyaratkan keyakinan mereka bahwa pengembalian terbaru ini adalah yang sebenarnya.

"Kami menyambut baik kemungkinan melanjutkan operasi (menemukan kembali jasad) di Korea Utara di masa depan dan kami sangat berharap," kata Laksamana Muda Jon Kreitz, Wakil Direktur Laboratorium Militer Hawaii. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x