Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 19:29 WIB

Menlu AS Bawa Indo-Pasifik ke Pertemuan ASEAN

Oleh : - | Kamis, 2 Agustus 2018 | 07:42 WIB
Menlu AS Bawa Indo-Pasifik ke Pertemuan ASEAN
Menlu AS Mike Pompeo - (Foto: voa)

INILAHCOM, Washington--Menlu AS Mike Pompeo akan bertemu para sejawatnya dari ASEAN di Singapura pekan ini untuk mempromosikan visi pemerintahan Presiden Donald Trump mengenai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Pada KTT tingkat menteri Asia Timur, Pompeo akan bertemu 17 sejawatnya untuk membicarakan tantangan-tantangan keamanan paling kritis di wilayah itu, khususnya ancaman nuklir dari Pyongyang, konflik di Laut Cina Selatan, krisis Rohingya di negara bagian Rakhine di Myanmar, dan keamanan siber.

Ditanya apakah Pompeo akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu Korea Utara Ri Yong-ho di Singapura, seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan kepada wartawan, "Korea Utara hadir di antara 27 anggota Forum Regional ASEAN sehingga akan ada pembicaraan yang melibatkan Korea Utara."

Pejabat itu mengatakan, ada peluang terjadinya pertemuan yang direncanakan atau tidak direncanakan dalam kegiatan akbar seperti itu, namun sejauh ini tidak ada rencana pertemuan bilateral yang siap diumumkan.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, mereka sedang mengatur sejumlah pertemuan bilateral antara Menlu Sergey Lavrov dan sejumlah sejawatnya dari beberapa negara, termasuk AS.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif juga akan berada di Singapura, namun, menurut Departemen Luar Negeri AS, tidak ada rencana pertemuan dengan Iran.

Seperti diketahui, para diplomat tertinggi ASEAN memulai pertemuan tahunan mereka di Singapura yang dimulai hari Rabu (1/8/2018) slama empat hari. Blok 10 negara ini juga akan menjadi tuan rumah forum keamanan terbesar di Asia, Sabtu (4/8/2018), yang akan menghadirkan para pemain penting yang terlibat dalam usaha perlucutan nuklir Semenanjung Korea, sekaligus memberi kesempatan kepada para pesertanya untuk mengadakan pertemuan terpisah di sela-sela KTT. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget

x