Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 13 Desember 2018 | 02:47 WIB

Turki Akhiri Pemerintahan Darurat

Rabu, 18 Juli 2018 | 09:01 WIB

Berita Terkait

Turki Akhiri Pemerintahan Darurat
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan - (Foto: The National)

INILAHCOM, Istanbul--Keadaan darurat yang diberlakukan di Turki setelah kudeta yang gagal dua tahun lalu akan berakhir dalam beberapa hari mendatang.

Menteri Kehakiman Turki, Abdulhamit Gul membenarkan berakhirnya pemerintahan darurat, sebuah langkah yang disambut baik secara luas.

"Diakhirinya pemerintahan darurat, tanpa keterlibatan parlemen pada isu-isu penting, merupakan hal yang dituntut baik oleh masyarakat internasional maupun domestik, dan mereka menghendaki kondis-kondisi dan kemandirian peradilan serta media yang lebih baik," kata Murat Yetkin, editor Hurriyet Daily News, seperti dikutip dari VOA, Rabu (18/7/2018).

Kelompok-kelompok HAM mengatakan di bawah kekuasaan darurat, lebih dari 150 wartawan dipenjara, dan kantor-kantor surat kabar, televisi serta stasiun radio disita.

Puluhan ribu jaksa dan hakim, bersama akademisi, ditahan atau dipecat dari jabatan mereka. Pemerintah berkeras langkah-langkah itu diperlukan untuk menghapus ancaman para pengikut ulama Turki Fethullah Gulen.

Gulen dituduh oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan kudeta yang gagal. Gulen, yang tinggal di pengasingan di AS, telah menyangkal tuduhan itu. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x