Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 15:35 WIB

Hari Ini Berlangsung KTT Trump-Putin

Senin, 16 Juli 2018 | 08:41 WIB

Berita Terkait

Hari Ini Berlangsung KTT Trump-Putin
(Foto: AFP)

INILAHCOM, Helsinki--Hari Senin (16/7/2018) ini Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan melakukan pembicaraan tingkat tinggi di Helsinki, Finlandia.

Trump mengatakan dalam sebuah wawancara televisi bahwa dia akan menghadiri pertemuan dengan "harapan yang rendah. Saya tidak pergi ke pertemuan ini dengan harapan yang tinggi."

Trump juga mengatakan kepada CBS News bahwa dia "belum berpikir" untuk meminta Putin agar mengekstradisi 12 perwira intelijen militer Rusia yang didakwa minggu lalu di Washington atas tuduhan terkait peretasan dengan sasaran-sasaran website Partai Demokrat dalam pemilu AS 2016. Tetapi dia mengatakan bahwa "tentu saya akan bertanya tentang hal itu."

AS tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Rusia dan tidak dapat memaksa Moskow untuk menyerahkan warga negaranya. Dalam konstitusi Rusia melarang mengekstradisi warga negaranya ke negara-negara lain.

Wawancara dengan Presiden Trump itu direkam hari Sabtu di Skotlandia, sehari sebelum ia dijadwalkan berangkat ke Helsinki untuk menghadiri pertemuan tersebut.CBS merilis petikan wawancara itu hari Minggu (15/7/2018).

KTT Trump-Putin yang akan berlangsung di Helsinki telah memperburuk hubungan anggota NATO dengan AS. Inggris, Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya tidak tahu lagi bagaimana mengatasi Trump yang bersikap semaunya ini.

"Eropa sudah berupaya selama 18 bulan dengan berbagai cara untuk mempengaruhi Presiden Donald Trump, tetapi sejauh ini baik bicara tegas dari Angela Merkel (Kanselir Jerman), maupun sambutan karpet merah Emmanuel Macron (Presiden Perancis) tidak mengubah kebijakan Trump," demikian catatan dari Lesli Vinjamuri dari Chatham House, dua pejabat NATO dari Eropa.

Dalam pertemuan di Brussel, Belgia, beberapa hari lalu Trump menuduh Eropa lalai dalam memenuhi kewajibannya dan dia mengancam akan menarik AS dari NATO kecuali Eropa meningkatkan belanja pertahanan mereka secepatnya.

Beberapa pejabat Eropa mengatakan, Benua Eropa kini perlu memikirkan rencana pertahanan NATO yang bebas.

Inisiatif pertahanan Eropa sudah direncanakan, seperti pasukan gerak cepat Inggris-Perancis, kemungkinan akan dibentuk lebih cepat setelah KTT NATO. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x