Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 07:51 WIB

Sudah 8 Remaja Diselamatkan dari Gua di Thailand

Senin, 9 Juli 2018 | 21:35 WIB

Berita Terkait

Sudah 8 Remaja Diselamatkan dari Gua di Thailand
(Foto: Navy Seal Thailand via AP)

INILAHCOM, Chiang Rai--Tim penyelamat pada hari Senin (9/7/2018) berhasil membawa keluar empat remaja dari dalam gua tempat mereka terperangkap bersama pelatih sepak bola mereka dalam dua pekan terakhir.

Senin ini adalah hari kedua misi penyelamatan dramatis untuk mengeluarkan mereka.

Pada hari Minggu (8/7/2018) tim SAR berhasil membawa keluar empat remaja, sehingga jumlah keseluruhan yang diangkat adalah delapan remaja.

Jumlah remaja yang terperangkap di gua sejak Juni lalu adalah 12 orang.

Dalam operasi hari Senin yang dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat, tim terlihat membawa tandu dan seseorang berada di tandu ini sebelum dimasukkan ke ambulans.

Cuaca masih menjadi kendala utama dan dengan hujan yang tak kunjung reda, air hujan yang membanjiri lorong gua membuat misi penyelamatan menjadi sangat sulit dan berisiko.

Kompleks gua Tham Luang tempat para remaja itu terperangkap sejak 23 Juni lalu ibarat sistem labirin dengan celah beragam ukuran.

Ketinggian beberapa celah melebihi 10 meter, sedangkan celah lainnya begitu sempit dan direndam air.

Hal ini menimbulkan potensi bahaya bagi regu penyelamat. Dan kematian seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand, yang merupakan bagian dari tim pemasok suplai tabung udara kepada para remaja, menjadi bukti bahaya tersebut.

Kisah 12 remaja dan pelatih sepak bola mereka ini telah mengundang perhatian orang di seluruh dunia, termasuk Presiden AS Donald Trump.

"Amerika bekerja sama sangat erat dengan pemerintah Thailand untuk membantu upaya mengeluarkan semua anak yang terjebak dari gua. Orang-orang yang sangat berani dan berbakat," kata Presiden Trump dalam cuitannya lewat Twitter hari Minggu. [bbc/voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x