Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 04:35 WIB

Inilah Sosok Superhero di Tragedi #ThaiCaveBoys

Oleh : Tatzuar amir | Senin, 9 Juli 2018 | 17:03 WIB

Berita Terkait

Inilah Sosok Superhero di Tragedi #ThaiCaveBoys
Saman Gunan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta--Nama mantan Bintara Satu Angkatan Laut Thailand, Saman Gunan, menjadi viral setelah upayanya menyelamatkan para korban insiden Thai Cave Boys mendapat sorotan luas. Dia pun dijuluki sebagai superhero yang sesungguhnya.

Tragedi terjebaknya 12 pemain sepakbola amatir Thailand yang tergabung dalam Akademi The Moo Pa (Babi Hutan Liar) dan satu pelatih mereka dalam gua Tham Luang yang memiliki kedalaman hingga 9,6 kilometer di pegunungan Doi Nang Non, menjadi pusat perhatian warga dunia.

Ke-12 bocah yang berusia antara 11 sampai 16 tahun dan pelatih mereka, Ekaphol Chantawong (25 tahun) itu terjebak dalam jaringan gua di pegunungan tersebut akibat banjir pasang musiman. Mereka terbawa arus banjir hingga ke dasar gua yang sempit dan sulit dijangkau, terlebih air menggenangi badan gua. Situasi semakin genting karena tak satu pun dari ke-12 remaja tersebut bisa berenang atau menyelam, ditambah lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh kru penyelamat yang menggunakan alat bantu selam.

Nasib ke-12 anak pemain sepakbola dan pelatihnya itu pun kemudian berada di ujung tanduk karena para penyelamat dihadapkan pada dua pilihan: mengambil risiko melakukan evakuasi saat ini juga di medan yang hampir mustahil dijangkau; atau menunggu air pasang surut yang berarti menunggu waktu hingga berbulan-bulan lamanya. Kedua opsi ini ibarat buah simalakama, karena bila opsi pertama dilakukan, berarti memiliki risiko mengorbankan nyawa kru penyelamat karena medannya yang amat berat. Namun, bila opsi kedua dipilih, maka otomatis ke-12 remaja dan pelatihnya akan tewas dalam hitungan hari karena tidak ada pasokan makanan, minuman dan oksigen.

Pemerintah Thailand dan para anggota masyarakat pun bahu membahu untuk menyelamatkan para remaja itu. Sejauh ini dikabarkan baru 4 anak yang berhasil dievakuasi dari lokasi tragedi yang kemudian, oleh warganet dan jurnalis, disebut sebagai #ThaiCaveBoys.

Di antara para petugas penolong, terdapat satu sosok yang kemudian menjadi viral. Dia adalah seorang mantan bintara pertama angkatan laut Thailand bernama Saman Gunan. Pria berusia 38 tahun ini menjadi sorotan dan juga mendapatkan pujian karena berani mengambil risiko melakukan penyelamatan dengan menyelam hingga ke dasar gua di saat orang lain tidak berani melakukannya.

Saman Gunan kemudian berhasil melakukan tugasnya mengantarkan tiga buah tabung oksigen kepada para korban agar mereka bisa bernapas, mengingat lokasi tempat mereka terjebak terisolasi oleh genangan air.

Namun, nasib naas menimpa Saman Guman. Dia kehabisan napas ketika sedang berenang menuju lokasi tempat berkumpulnya tim penyelamat. Dia pun kemudian meninggal dunia saat melakuka tugas mulia.

Saman Gunan adalah mantan anggota pasukan elit unit anti teror bawah laut Angkatan Laut Thailand (Navy Underwater Demolition Assault Unit). Selepas pensiun dari pasukan elit itu, Gunan menjadi atlet triatlon dan bekerja sebagai petugas keamanan bandara. Detail lebih jauh mengenai kehidupan pribadi Saman Gunan tidak dirilis oleh pihak angkatan laut Thailand, tetapi Gunan diketahui menggemari olahraga lari dan bersepeda.

Kabar wafatnya Saman Gunan saat berupaya menyelamatkan ke-12 pesepakbola remaja dan pelatihnya itu mengundang simpati dan takzim dari banyak pihak, termasuk dari Raja Maha Vajiralongkorn yang akan mendanai proses pemakaman Saman Gunan.

Warganet pun memuji dan menaruh hormat kepada Saman Gunan, serta menjulukinya sebagai pahlawan super yang sesungguhnya.

"This is Petty Officer Saman Gunan who died yesterday when providing supplies to the trapped #ThaiCaveBoysHe was a retired the Thai Navy SEAL who volunteered to help with the rescue mission. The world needs to know what a real superhero looks like, " cuit presenter Astro, Ibrahim Sawani. Cuitan Ibrahim tentang Saman Gunan telah dibagikan sebanyak lebih dari 8.200 kali dan mendapatkan likes sebanyak lebih dari 9.600 kali. [mir]

Komentar

Embed Widget
x