Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 04:03 WIB
 

Ini Operasi Penyelamatan Berbahaya dari Gua

Oleh : - | Senin, 9 Juli 2018 | 16:32 WIB
Ini Operasi Penyelamatan Berbahaya dari Gua
(Foto: bbc)

INILAHCOM, Chiang Rai--Para penyelam di Thailand segera memulai kembali operasi mengeluarkan delapan remaja dan pelatih mereka yang terperangkap di dalam gua, BBC melaporkan, Senin (9/7/2018).

Empat rekan mereka sebelumnya dapat dievakuasi dengan selamat pada Minggu (8/7/2018). Namun, operasi itu ditunda semalam guna mengganti tabung-tabung udara.

Kompleks gua Tham Luang di dekat Provinsi Chiang Rai, Thailand Utara,tempat para remaja itu terperangkap sejak 23 Juni lalu ibarat sistem labirin dengan celah beragam ukuran. Ketinggian beberapa celah melebihi 10 meter, sedangkan celah lainnya begitu sempit dan direndam air.

Hal ini menimbulkan potensi bahaya bagi regu penyelamat. Kematian seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand, yang merupakan bagian dari tim pemasok suplai tabung udara kepada para remaja, menjadi bukti bahaya tersebut.

Para penyelam yang dilengkapi peralatan pernapasan khusus bertemu dengan para remaja setelah melewati serangkaian celah sempit terendam air. Remaja-remaja tersebut akan dibawa ke luar lewat jalur yang sama.

Pemerintah Thailand sudah punya skema yang jelas untuk melakoni operasi ini.

Dua penyelam akan mendampingi setiap remaja dan memandu mereka di tengah kegelapan menggunakan tali.

Di celah sempit, para penyelam harus mencopot tabung udara mereka dan menyelinapkan remaja-remaja itu beserta semua tabung.

Setiap remaja diberikan masker wajahyang pemakaiannya lebih mudah bagi penyelam pemula.