Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 November 2018 | 03:11 WIB

Empat Remaja Sudah Dievakuasi dari Gua, Thailand

Minggu, 8 Juli 2018 | 23:25 WIB

Berita Terkait

Empat Remaja Sudah Dievakuasi dari Gua, Thailand
(Foto: AFP)

INILAHCOM, Chiang Rai--Angkatan Laut Thailand menyatakan sedikitnya empat anak dari kelompok terdiri dari 12 remaja lelaki dan pelatih mereka yang telah diselamatkan dari gua tempat mereka terperangkap selama dua pekan lebih.

"Wild Boar ke-empat telah keluar gua," sebut Angkatan Laut Thailand dalam posting di Facebook. Wild Boars (Babi Hutan Liar) adalah nama tim sepakbola anak-anak itu. Demikian VOA melaporkan Minggu (8/7/2018) malam.

Anak-anak tersebut dilaporkan berada dalam ambulans dan akan diterbangkan ke rumah sakit yang lebih besar.

Tiga belas penyelam asing dan lima penyelam Thailand ambil bagian dalam upaya penyelamatan di gua Tham Luang di dekat Chiang Rai, Thailand Utara. Masing-masing anak didampingi dua penyelam.

Para pejabat menyatakan mungkin perlu waktu dua hingga empat hari sebelum semua anak tersebut dievakuasi, tetapi operasi penyelamatan tampaknya berlangsung lebih cepat daripada yang diperkirakan.

Hujan turun di Thailand Utara di mana anak-anak lelaki dan pelatih mereka itu terperangkap di tempat kering yang sempit jauh di dalam gua yang terendam banjir, sehingga upaya untuk menyelamatkan mereka semakin mendesak.

Sementara itu, kadar oksigen di dalam gua itu telah menurun, sehingga tubuh mereka semakin lemah. Ketiga belas orang itu hanya sedikit sekali makan atau minum sejak dinyatakan hilang pada 23 Juni. Mereka ditemukan Senin lalu di dalam gua sejauh 10 kilometer di Thailand Utara.

Pemompaan terus menerus telah mengurangi tingkat ketinggian air di dalam gua, tetapi hujan yang turun lagi bukan hanya dapat kembali membanjiri daerah itu. Hujan juga menambah deras arus air di jalur sempit, di mana para penyelamat dan anak-anak harus berenang dengan peralatan selam untuk dapat ke luar dari gua.

Kamis lalu seorang sukarelawan, yang juga penyelam berpengalaman, tewas saat menempatkan tabung-tabung oksigen di sepanjang jalur penyelamatan melalui jalur berkelok-kelok yang sempit dan digenangi banjir. Saman Gunan, mantan anggota SEAL Angkatan Laut Thailand itu, kehabisan oksigen dan tenggelam sewaktu berenang ke luar dari gua.

Kematiannya menggarisbawahi betapa sulitnya melatih anak-anak yang belum pernah belajar berenang dan menggunakan peralatan selam untuk melakukan perjalanan enam jam melalui kondisi yang sulit, bahkan bagi para penyelam berpengalaman. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x