Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 19:16 WIB

Putra Pemimpin ISIS Al Baghdadi Tewas

Rabu, 4 Juli 2018 | 15:15 WIB

Berita Terkait

Putra Pemimpin ISIS Al Baghdadi Tewas
Abu Bakar Al Baghdadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Damaskus--Media ISIS Al Nashir News melaporkan putra pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi tewas dalam misi serangan bunuh diri di kota Homs, di Suriah barat.

Dengan memasang foto seorang anak laki-laki yang dikatakan merupakan putra Al Baghdadi, Hudhayfah Al Badri, media ISIS itu mengatakan ia meninggal dalam operasi melawan pasukan Pemerintah Suriah, yang dirujuk sebagai Nusayriyyah, dan pasukan Rusia yang ditempatkan di Homs.

"Hudhayfah Al Badri, putra kalifah, tewas dalam operasi bunuh diri terhadap Nusayriyyah dan pasukan Rusia di pembangkit listrik termal di wilayah Homs," kata kantor berita itu dalam laporannya, seperti dikutip dari VOA, Rabu (4/7/2018).

Hal ini merujuk pada operasi-operasi bunuh diri dimana seorang pejuang, yang mengenakan sabuk yang dilengkapi bahan peledak dan dipersenjatai dengan senjata api biasa, menyerang posisi musuh sebelum meledakkan dirinya sendiri untuk menimbulkan sebanyak mungkin kerusakan pada musuh.

Al Baghdadi adalah warga Irak, yang nama aslinya Ibrahim Awad Al Badri, mengumumkan kekhalifahan ISIS di Kota Mosul pada Juni 2014 dan menjadikan dirinya sendiri sebagai khalifahnya. Sejak saat itu Al Baghdadi menjadi orang paling dicari di dunia, dengan hadiah US$25 juta dolar bagi siapa yang dapat menemukannya.

Nasib Al Baghdadi hingga kini masih belum diketahui, mengingat beberapa kali ada beragam laporan yang mengklaim kematian dan luka-luka yang dideritanya, termasuk klaim Kementerian Pertahanan Rusia bahwa ia mungkin telah terkena serangan udara Rusia pada 2017.

Klaim-klaim itu telah disangkal oleh pejabat-pejabat AS dan keberadaan pemimpin yang tidak banyak diketahui itu tetap tidak diketahui.

Peran Al Baghdadi yang terkenal dalam ISIS telah membuat keluarganya ikut disorot. Pada Maret 2014, istri Al Baghdadi, Sujidah Al Dulaimi, dibebaskan bersama kedua putra dan putrinya, sebagai imbalan pertukaran 13 biarawati yang ditawan oleh militan Front AL Nusra yang berafiliasi dengan Al Qaeda.

Dilaporkan bahwa yang dibebaskan bersama Sujidah itu hanya anak perempuan yang merupakan putri Al Baghdadi. Dua anak laki-laki yang ikut dibebaskan adalah putra mantan suami Sujidah, sebelum ia menikah dengan Al Baghdadi. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x