Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 03:17 WIB
 

AS: Setahun Korut Bisa Bongkar Program Nuklirnya

Oleh : - | Senin, 2 Juli 2018 | 07:28 WIB
AS: Setahun Korut Bisa Bongkar Program Nuklirnya
Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton - (Foto: voa)

INILAHCOM, Washington DC--Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton merasa yakin sebagian besar program senjata nuklir, kimia dan biologi Korea Utara (Korut) dapat dibongkar dalam waktu satu tahun. Demikian VOA, Senin (2/7/2018).

Bolton mengatakan kepada CBS News, Minggu (1/7/2018), jika Korut telah membuat "keputusan strategis" untuk mengakhiri program pengembangan persenjataannya dan "mereka mau bekerja sama, kita dapat bergerak sangat cepat. Secara fisik kita akan dapat membongkar sebagian besar program mereka dalam setahun."

Namun Bolton menolak berkomentar mengenai laporan Washington Post yang mengatakan Korut sedang berusaha mengaburkan dan menyembunyikan program nuklirnya, walaupun pemimpin Korut, Kim Jong Un setuju untuk "mengusahakan denuklirisasi Semenanjung Korea" dalam KTT Singapura bulan lalu dengan Presiden AS Donald Trump.

Tidak ada rincian dalam perjanjian di Singapura yang ditandatangani Kim dan Trump tentang bagaimana dan kapan Korut akan mengakhiri program senjata nuklirnya.

Bolton mengatakan, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo akan segera memulai pembicaraan dengan para pejabat Korut mengenai rincian pelucutan senjata itu.

Bolton menyatakan optimis bahwa Kim akan menjalankan perlucutan nuklir di negaranya.[voa/lat]

Tags

Komentar

x