Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 12:58 WIB

Iran Tuduh AS dan Sekutunya Hasut Kerusuhan

Minggu, 1 Juli 2018 | 07:37 WIB

Berita Terkait

Iran Tuduh AS dan Sekutunya Hasut Kerusuhan
Ayatullah Ali Khamenei - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Teheran--Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei menuduh Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya menghasut kerusuhan di Iran.

Televisi pemerintah hari Minggu mengutip Ayatullah Ali Khamenei mengatakan AS telah membentuk koalisi dengan negara-negara lain di kawasan itu yang tidak dapat mengalahkan Iran.

Khamenei tidak menyebut satupun nama negara-negara dalam apa yang disebutnya koalisi itu, tetapi menuduh koalisi itu mengenakan tekanan ekonomi terhadap Iran "untuk memisahkan negara itu dari tatanan Islam."

Ia mengatakan, "Kalau Amerika dapat menaklukkan tatanan Islam, Amerika tidak perlu membentuk koalisi dengan negara-negara yang terkenal buruk dalam kawasan itu untuk menciptakan kekacauan, kerusuhan dan ketidakamanan di Iran."

Pekan lalu, tayangan video-video di Internet memperlihatkan polisi menembakkan gas air mata terhadap pemrotes yang marah oleh ekonomi Iran yang memburuk. Itulah konfrontasi pertama setelah demonstrasi serupa mengguncang negara itu pada awal tahun ini. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x