Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 14:50 WIB

AS dan Rusia Sepakati KTT Trump-Putin

Jumat, 29 Juni 2018 | 07:05 WIB

Berita Terkait

AS dan Rusia Sepakati KTT Trump-Putin
Presiden Donald Trump dan Presiden Vladimir Putin - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Moskow--Amerika Serikat (AS) dan Rusia bersepakat untuk melangsungkan sebuah KTT yang sudah tertunda cukup lama antara Presiden Donald Trump dan Presiden Vladimir Putin.

Hal itu diumumkan menyusul pertemuan antara Presiden Putin dan Penasehat Keamanan Nasional AS, John Bolton, demikian BBC melaporkan, Kamis (28/6/2018).

Presiden Trump mengatakan bahwa pertemuannya dengan Presiden Putin bisa dilaksanakan setelah KTT NATO di Brussels bulan depan.

Presiden Trump juga mengatakan bahwa pertemuan tersebut kemungkinanan bertempat di ibukota Kota Finlandia, Helsinki.

Dia mengatakan kepada para wartawan bahwa dia akan membahas mengenai perang di Suriah dan situasi di Ukraina bersama dengan sejawatnya dari Rusia tersebut.

Presiden Trump terakhir kali bertemu Presiden Rusia pada bulan November tahun lalu di Vietnam saat pelaksanaan KTT Asia-Pasifik.

Keputusan untuk melangsungkan pertemuan puncak antara kedua pemimpin tersebut diumumkan Rabu oleh seorang Penasehat Kebijakan Luar Negeri Kremlin, Yuri Ushakov.

KTT akan bertempat di negara ketiga yang menguntungkan kedua belah pihak, yang tanggal dan lokasi spesifiknya akan secara resmi di umumkan.

Setelah pembicaraan dengan Putin, Penasehat Keamanan AS John Bolton mengatakan dalam jumpa pers di Moskow bahwa Presiden Trump akan bertemu dengan Presiden Putin pada pekan-pekan yang akan datang.

"Presiden Trump meminta saya untuk datang dan berbicara kepada pihak berwenang Rusia tentang kemungkinan pelaksanaan sebuah pertemuan antara dirinya dan Presiden Putin," ungkapnya.

Kedua mengingkan KTT tersebut akan dapat memperbaiki hubungan kedua negara, ungkap Bolton.

"Baik Presiden Trump dan Presiden Putin merasa bahwa penting bagi kedua pemimpin dari kedua negara yang sangat penting ini untuk duduk dan berdiskusi mengenai masalah bersama dan bidang-bidang yang bisa bekerjasama. Hal ini merupakan sesuatu yang saya kira akan meningkatkan hubungan bilateral AS-Rusia dan memberikan kontribusi bagi kestabilan dunia," tambahnya.

Presiden Putin menyampaikan bahwa pertemuannnya dengan Bolton membangkitkan harapan akan pemulihan penuh hubungan kedua negara, yang diakuinya tidak dalam situasi ideal saat ini.

Presiden Putin menegaskan bahwa Moskow tidak pernah mencari konfrontasi dan menurutnya hubungan buruk saat ini antara kedua negara adalah merupakan hasil dari konfrontasi politik yang sengit di dalam negeri AS sendiri. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x