Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 03:58 WIB
 

Peninjau Pemilu dari Eropa Ditangkap di Turki

Oleh : - | Senin, 25 Juni 2018 | 06:39 WIB
Peninjau Pemilu dari Eropa Ditangkap di Turki
Pemilu Turki - (Foto: arabweekly)

INILAHCOM, Istanbul--Delegasi anggota partai komunis Perancis, termasuk seorang senator, ditangkap di Turki hari Minggu (24/6/2018) ketika berusaha mengamati pemilu parlemen dan presiden di sana, kata pengumuman partai itu.

"Pihak berwenang Turki ingin menghambat kecaman mengenai kecurangan besar-besaran yang sedang berlangsung," kata pernyataan Partai Komunis, dan menambahkan bahwa senator Christine Prunaud termasuk di antara yang ditahan.

Kantor berita pemerintah Turki, Anadolu, melaporkan bahwa kira-kira 10 orang Eropa menghadapi tindakan hukum, termasuk 3 orang warga Perancis, tiga warga Jerman dan empat warga Italia yang dituduh bertindak sebagai peninjau pemilu tanpa surat izin di Turki tenggara yang berpenduduk mayoritas Kurdi.

Partai oposisi utama Turki, Partai Rakyat Republik (CHP), mengutarakan kekhawatiran atas jumlah keluhan pelanggaran pemilu di bagian tenggara negara itu.

Warga Turki sedang memberi suara dalam pemilu legislatif dan presiden yang dipandang sebagai ujian paling berat yang dihadapi Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam pemilu.

Puluhan ribu warga Turki merespon seruan dari oposisi agar memantau pemilu untuk memastikan pemilu yang bersih, dan delegasi peninjau dari Organisasi Kerjasama dan Keamanan di Eropa (OSCE) juga dikerahkan. [voa/lat]

Tags

Komentar

Embed Widget

x