Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 02:58 WIB
 

Besok, Saudi Cabut Larangan Wanita Mengemudi

Oleh : - | Sabtu, 23 Juni 2018 | 20:50 WIB
Besok, Saudi Cabut Larangan Wanita Mengemudi
Wanita Arab Saudi mengemudikan mobil. - (Foto: Bdnews24)

INILAHCOM, Riyadh--Arab Saudi hari Minggu (24/6/2018) akan mencabut satu-satunya larangan di dunia bagi perempuan untuk mengemudi. Langkah ini merupakan tonggak sejarah bagi perempuan Saudi yang harus bergantung pada pengemudi, kerabat laki-laki, taksi, atau layanan lain untuk bepergian.

Awal bulan ini, Pemerintah Saudi mulai mengeluarkan ijin untuk perempuan yang sudah memegang surat izin mengemudi dari negara lain, termasuk Inggris, Libanon dan Kanada. Para wanita mengambil tes singkat mengemudi sebelum menerima SIM baru mereka.

Namun, sebagian besar perempuan di negara itu belum memiliki SIM. Banyak dari mereka tidak mempunyai kesempatan untuk mengambil kursus mengemudi yang baru ditawarkan beberapa bulan terakhir ini.

Kantor berita Bloomberg, seperti dikutip dari VOA, Sabtu (23/6/2018) menulis, mayoritas penduduk perempuan masih bingung tentang perkembangan baru itu, di satu pihak bersemangat tetapi di lain pihak juga ingin menghormati budaya mereka. Para perempuan mengatakan kemungkinan dibutuhkan waktu bagi masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan perubahan itu.

Perusahaan mobil juga bersiap untuk perubahan itu dengan berharap, penjualan mobil akan meningkat setelah 10 juta perempuan di negara itu diizinkan mengemudi. Awal tahun ini, Ford menyeponsori pengalaman mengemudi bagi perempuan di kota Jeddah.

Layanan Uber dan Careem mengatakan, mereka mulai merekrut pengemudi perempuan sebagai persiapan menjelang dicabutnya larangan itu. [voa/lat]

Komentar

x