Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 18:51 WIB

Trump Anggap Korut Masih Ancaman Luar Biasa

Sabtu, 23 Juni 2018 | 13:37 WIB

Berita Terkait

Trump Anggap Korut Masih Ancaman Luar Biasa
Donald Trump dan Kim Jong-un - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Washington DC--Presiden Donad Trump menyatakan bahwa Korea Utara (Korut) "masih merupakan bahaya luar biasa" bagi Amerika Serikat (AS).

Dengan sebuah perintah eksekutif, Trump memperpanjang satu tahun lagi apa yang disebut "keadaan darurat nasional" sehubungan dengan Korut yang punya senjata nuklir, dan memerintahkan kembali berbagai sanksi ekonomi atasnya. Demikian laporan yang dikutip dari VOA, Sabtu (23/6/2018).

Pernyataan Trump itu dikeluarkan hanya sembilan hari setelah ia mengirim pesan Twitter bahwa "tidak ada lagi ancaman bahaya nuklir dari Korea Utara," setelah ia kembali dari pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura.

Perintah eksekutif Trump itu mengatakan "adanya risiko proliferasi bahan-bahan senjata nuklir, dan tindakan serta kebijakan pemerintah Korea Utara yang terus merupakan ancaman yang tidak biasa dan luar biasa bagi keamanan nasional, politik luar negeri dan perekonomian Amerika."

"Keadaan darurat nasional" itu sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 2008, dalam masa pemerintahan Presiden Barack Obama, dan merupakan pertanda ketegangan yang terus ada antara AS dan Korut. Ketegangan itu memuncak tahun lalu ketika Korut hampir berhasil membuat hulu ledak nuklir yang katanya bisa mencapai daratan AS. Tapi ketegangan itu menurun setelah perundingan puncak Trump dan Kim di Singapura tanggal 12 Juni, dimana Kim sepakat akan men-denuklirisasi Semenanjung Korea.

Trump mengatakan dalam sidang kabinet bahwa "denuklirisasi sudah dimulai," walaupun Menteri Pertahanan James Mattis mengatakan pada wartawan sehari sebelumnya bahwa ia tidak melihat Korut telah mengambil langkah apapun ke arah denuklirisasi, dan bahwa perundingan terinci tentang hal itu belum dimulai. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x