Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 08:47 WIB

Aljazair Matikan Internet Saat Ujian Sekolah

Jumat, 22 Juni 2018 | 07:46 WIB

Berita Terkait

Aljazair Matikan Internet Saat Ujian Sekolah
Menteri Pendidikan Aljazair Nouria Benghabrit Benghabrid - (Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Aljir--Aljazair memutus jaringan internet di seluruh negeri secara menyeluruh selama berlangsungnya ujian sekolah menengah atas dengan tujuan mengatasi kemungkinan kecurangan yang akan terjadi.

Layanan internet, baik melalui ponsel maupun telepon rumah, akan mengalami pemutusan selama kurang lebih satu jam saat berlangsungnya seluruh ujian sekolah demi mencegah kemungkinan berbagai kebocoran soal.

Pemadaman internet terus berlangsung selama musim ujian sekolah, tanggal 20-25 Juni.

Langkah ini diambil mengingat kecurangan yang pernah terjadi secara luas pada tahun 2016, ketika soal-soal ujian bocor di dunia maya sebelum dan selama berlangsungnya ujian.

Waktu itu pihak berwenang meminta penyedia layanan internet menghentikan akses sosial media, namun himbauan saja ternyata tidaklah memadai.

Menteri Pendidikan Nouria Benghabrid mengatakan kepada koran Algeria Annahar bahwa Facebook diblokir secara nasional selama musim ujian berlangsung.

Benghabrid mengatakan bahwa kendati banyak yang tidak nyaman dengan keputusan itu, "namun kita tidak bisa hanya diam saja di hadapan kemungkinan kebocoran itu."

Saat ujian itu, semua alat elektronik yang menggunakan akses internet--baik yang digunakan para siswa dan pegawai sekolah--dilarang penggunaannya di setidaknya 2.000 ruang kelas yang ada di negara tersebut. Untuk memastikannya dipasang detektor logam pada setiap pintu masuk kelas.

Menteri Benghaberid juga menambahkan bahwa kamera pengawas dan alat pengacau sinyal ponsel dipasang di lokasi-lokasi percetakan soal ujian.

Sekitar lebih dari 700.000 siswa mengikuti ujian akhir sekolah menegah atas yang berlangsung selama seminggu ke depan. Hasilnya akan diketahui pada tanggal 22 Juli. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x