Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 04:09 WIB
 

Rusia dan Ukraina Bahas Pakta Perdamaian

Oleh : - | Jumat, 22 Juni 2018 | 07:12 WIB
Rusia dan Ukraina Bahas Pakta Perdamaian
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Moskow--Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko sedang membahas pemberlakuan perjanjian damai tahun 2015 yang gagal mengakhiri kekerasan di Ukraina Timur.

Perjanjian gencatan senjata dicapai di Minsk pada Februari 2015 tetapi kekerasan berlanjut di wilayah itu, di mana pejuang dari kedua pihak hampir setiap hari melanggar gencatan senjata.

Kedua pemimpin itu berbicara melalui telepon hari Kamis (21/6/2018), demikian dilaporkan kantor berita Rusia, Interfax, seperti dikutip dari VOA, Jumat (22/6/2018).

Kantor berita itu mengatakan Poroshenko menelepon Putin pada 9 Juni untuk membahas masalah-masalah kemanusiaan, termasuk pertukaran tahanan.

Percakapan telepon terbaru itu dilakukan sehari setelah Dewan Eropa menuntut agar Rusia membebaskan pembuat film Ukraina Oleg Sentsov, yang sudah lebih dari sebulan ini mogok makan sementara menjalani hukuman 20 tahun penjara di wilayah Siberia.

Menurut Interfax, sekretaris dewan itu, Thorbjorn Jagland, yang mengadvokasi hak asasi, demokrasi dan hukum Eropa, hari Rabu mengimbau agar Sentsov dibebaskan karena alasan kemanusiaan.

Kepada kantor berita Rusia, RIA-Novosti, pejabat HAM Rusia Anatoliy Sak mengatakan, ia menjenguk Sentsov baru-baru ini dan mengatakan ia tampak sehat dan bugar, meskipun laporannya tidak bisa segera dikukuhkan. Sak juga mengatakan, Sentsov diberi makan melalui infus.

Negara-negara Barat, termasuk AS, juga telah mengimbau pembebasan Sentsov. Para duta besar yang mewakili Kelompok Negara G-7 hari Kamis mengatakan "sangat prihatin" atas situasi Sentsov. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget

x