Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 06:10 WIB

AS Bentuk Pasukan Angkasa Luar

Selasa, 19 Juni 2018 | 12:04 WIB

Berita Terkait

AS Bentuk Pasukan Angkasa Luar
Donald Trump - (Foto: theunion)

INILAHCOM, Washington DC--Presiden Donald Trump memerintahkan militer Amerika Serikat (AS) untuk membentuk angkatan bersenjata keenam berupa 'pasukan angkasa luar'.

Dalam pidatonya, Senin (18/6/2018) waktu setempat, seperti dikutip dari BBC, Selasa (19/6/208) presiden AS itu mengatakan bahwa angkatan keenam akan meningkatkan keamanan nasional dan mendongkrak ekonomi dengan penciptaan lapangan kerja.

"Saya dengan ini memerintahkan Departemen Pertahanan dan Pentagon agar segera memulai proses yang diperlukan untuk membentuk pasukan luar angkasa sebagai angkatan keenam angkatan bersenjata," kata Trump, beberapa saat setelah dia membahas kebjiakan AS dan Jerman untuk imigrasi.

"Sekadar kehadiran Amerika di ruang angkasa, tidaklah cukup. Kita harus menciptakan dominasi Amerika Serikat di luar angkasa," kata Trump di Gedung Putih.

Dia juga berjanji bahwa AS akan "mengirimkan lagi (astronot) Amerika ke Bulan" dan nantinya akan mengirim orang ke planet Mars.

Trump mengatakan pula bahwa hal yang tak bisa diterima jika Cina atau Rusia unggul di ruang angkasa dan akan memerintahkan lembaga-lembaga AS untuk "menerapkan kerangka untuk manajemen lalu lintas ruang angkasa".

Detail tentang bagaimana pasukan luar angkasa baru akan seperti apa, dan apa yang tugasnya belum jelas.

Namun Trump mengatakan angkatan luar angkasa "akan berbeda tetapi setara" dengan Angkatan Udara. Saat ini angkatan lain dalam militer AS adalah Angkatan Darat, Angkatan Laut, Penjaga Pantai, dan Korps Marinir.

Betapa pun, pembentukan angkatan baru ini akan membutuhkan perundangan baru melalui Kongres AS.

Saat berbicara sebelum pertemuan dengan National Space Council, Trump mengatakan, "Kali ini, kita akan melakukan lebih dari dari sekadar menancapkan bendera kita dan meninggalkan jejak kaki kita (di permukaan bulan). Kita akan membangun kehadiran jangka panjang, memperluas ekonomi kita, dan membangun landasan untuk akhirnya meluncurkan misi ke Mars."

Pemerintah juga akan merangkul industri ruang angkasa komersial, kata Trump, dengan mengizinkan "orang-orang kaya" AS menggunakan lahan milik Permerintah AS untuk meluncurkan roket-roket mereka.

"Jika Anda (orang-orang kaya swasta AS) mengalahkan kita (dalam misi) ke Mars, kami akan sangat bahagia, dan Anda akan menjadi lebih terkenal," kata Trump dalam konferensi pers itu. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x