Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 09:21 WIB
 

Yahudi Israel dan Yahudi AS Berbeda Tajam

Oleh : - | Senin, 11 Juni 2018 | 08:05 WIB
Yahudi Israel dan Yahudi AS Berbeda Tajam
Kaum Yahudi di Israel - (Foto: JNS)

INILAHCOM, Washington DC--Hasil survei yang baru dirilis mendapati 77 persen warga Yahudi Israel mendukung cara Presiden AS Donald Trump menangani hubungan AS-Israel, sementara hanya 44 persen Yahudi AS mendukungnya.

"Survei kami adalah barometer penting persepsi dan pandangan yang mempengaruhi hubungan yang sekarang dan jangka panjang antara Yahudi Amerika dan Israel, dua penduduk Yahudi terbesar di dunia," kata David Harris, pemimpin Komite Yahudi AS atau AJC.

Informasi yang dirilis itu dipublikasikan menjelang pembukaan forum Global AJC di Yerusalem. Survei itu mendapati perbedaan tajam antara Yahudi AS dan Israel mengenai beberapa topik.

Mengenai keputusan AS mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan pemindahan kedutaannya ke sana, 85 persen Yahudi Israel, dan 46 persen Yahudi AS, mendukung pemindahan itu.

Lebih dari dua per tiga Yahudi Israel, 68 persen, mengatakan tidaklah wajar bagi Yahudi AS berusaha mempengaruhi kebijakan Israel mengenai masalah-masalah seperti keamanan nasional dan perundingan perdamaian dengan Palestina. Mayoritas Yahudi AS, 53 persen, mengatakan wajar bagi Yahudi AS mempengaruhi kebijakan Israel.

Yahudi Israel dan AS juga berbeda pandangan mengenai apa yang harus dilakukan terhadap permukiman Yahudi di Tepi Barat terkait persetujuan perdamaian dengan Palestina. Lima belas persen Yahudi AS dan empat persen Yahudi Israel mengatakan bahwa Israel sebaiknya bersedia membongkar semua permukiman tersebut, sementara 44 persen Yahudi AS dan 35 persen Yahudi Israel mengatakan Israel sebaiknya bersedia membongkar sebagian dari permukiman itu.

Tiga puluh lima persen Yahudi AS dan 54 persen Yahudi Israel mengatakan Israel sebaiknya jangan membongkar sedikitpun permukiman. [voa/lat]

Komentar

 
x