Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 07:02 WIB

Kim: Dunia Mengamati Pertemuan dengan Trump

Oleh : - | Senin, 11 Juni 2018 | 06:02 WIB
Kim: Dunia Mengamati Pertemuan dengan Trump
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menemui PM Singapura Lee Hsien Loong - (Foto: Xinhua)

INILAHCOM, Singapura--Menjelang pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan bahwa dunia mengamati segala hal yang berkaitan dengan pertemuan bersejarah dengan Presiden Trump di Singapura, Selasa (12/6).

Setibanya di Singapura pada hari Minggu (10/6), Kim Jong-un mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Dalam pertemuan itu Kim tersenyum lebar seraya mengatakan kepada tuan rumah, "Seluruh dunia mengamati pertemuan puncak antara DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea) dan Amerika Serikat, dan terima kasih atas upaya tulus dari Anda ... sehingga kami dapat merampungkan persiapan pertemuan bersejarah."

Kim dan rombongan tiba di Singapura terlebih dulu dengan menggunakan pesawat terbang pinjaman dari Cina.

Beberapa jam kemudian Presiden Trump mendarat di Singapura dengan menggunakan pesawat Air Force One.

Pertemuan mereka tercatat sebagai salah satu peristiwa diplomatik yang paling ditunggu-tunggu selama tahun-tahun terakhir. Ini adalah pertama kalinya seorang Pemimpin Korea Utara bertemu dengan Presiden Amerika Serikat yang sama-sama masih menjabat.

Tuan rumah, Singapura, menyediakan dana sekitar US$15 juta atau sekitar Rp210 miliar untuk keperluan acara itu. Menurut PM Singapura Lee Hsein Loong, sekitar 50% di antara anggaran itu diperuntukkan bagi pengamanan.

Ia mengaku optimis pertemuan bersejarah ini tidak akan sia-sia.

"Dari sudut pandang kami, pertemuan ini penting diadakan, dan pertemuan menelurkan hasil positif, mewujudkan perkembangan di lintasan baru dan lintasan baru yang dapat mendorong keamanan dan stabilitas di kawasan," katanya. [bbc/lat]

Tags

Komentar

Embed Widget

x