Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 15 Oktober 2018 | 19:39 WIB

Israel Berhasil Bujuk Eropa tentang Nuklir Iran

Sabtu, 9 Juni 2018 | 06:46 WIB

Berita Terkait

Israel Berhasil Bujuk Eropa tentang Nuklir Iran
PM Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Perancis Emmanuel Macron - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Tel Aviv--Lawatan PM Israel Benyamin Netanyahu selama empat hari ke Eropa dinilai berhasil membujuk Barat agar bisa bekerja sama dengan negara Yahudi itu mengenai isu-isu terkait pembuatan misil balistik dan stabilitas regional yang terkait dengan Iran.

Lawatan Netanyahu ke Eropa Barat berlangsung di tengah-tengah munculnya pernyataan keberatan negara-negara kawasan itu atas keputusan Amerika Serikat (AS) keluar dari perjanjian nuklir Iran.

Para pembantu Netanyahu mengatakan, lawatan PM Israel itu ke Eropa, dan bertemu dengan para pemimpin nasional di Berlin, Paris dan London, merupakan tahap yang penting.

Meskipun ada perbedaan pendapat yang cukup besar mengenai perjanjian nuklir Iran dan tindakan Israel di Gaza, namun mereka menilai lawatan itu merupakan bagian dari kampanye diplomatik jangka panjang untuk mengurangi perbedaan pendapat itu.

"Kami tidak berharap akan membuat perubahan pikiran sama sekali," kata seorang diplomat Israel, seperti dikutip dari VOA, Jumat (8/6). "Tetapi kami perlahan-lahan mengubahnya dan berkenaan dengan isu-isu mengenai pembuatan misil balistik Iran serta campur tangan Teheran di kawasan dan pertahanan militer di Suriah serta ancaman terhadap Israel. Kami mendapat pernyataan simpatik dari Kanselir Jerman Merkel, Presiden Perancis Emmanuel Macron dan PM Inggris Theresa May."

Lawatan Netanyahu berlangsung tidak lama setelah Presiden AS Donald Trump bulan lalu memutuskan untuk mundur dari perjanjian yang disepakati pendahulunya, Barack Obama, dengan Iran untuk membatasi program nuklir negara itu.

Para pemimpin Eropa telah membahas tanggapan mereka mengenai pemberlakuan kembali sanksi-sanksi AS terhadap Iran. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x