Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 15 Oktober 2018 | 20:36 WIB

Ali Khamenei Peringatkan Barat Soal Nuklir

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 5 Juni 2018 | 11:34 WIB

Berita Terkait

Ali Khamenei Peringatkan Barat Soal Nuklir
Ayatollah Ali Khamenei - (Foto: brecorder)

INILAHCOM, Teheran--Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei telah memerintahkan Iran agar mempersiapkan diri untuk meningkatkan pengayaan uranium, bila Barat ikut menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Iran.

Kantor berita Reuters mengabarkan, seruan itu diutarakan Ali Khamenei dalam sebuah pidato yang disiarkan Senin (4/6/).

"Musuh kita tidak akan bisa menghentikan program nuklir kami. Silakan bermimpi, karena tidak bakal terjadi," kata Khamenei. "Saya telah memerintahkan Badan Energi Atom Iran untuk mempersiapkan diri meningkatkan kapasitas pengayakan uranium kita," lanjutnya.

Muncul kekhawatiran bahwa Inggris, Jerman dan Prancis akan menarik diri dari Kesepakatan Nuklir dengan Iran yang disepakati 2015 silam.

Seperti diketahui Presiden AS Donald Trump menarik diri dan membatalkan perjanjian nuklir Iran dan Barat yang diprakarsai Presiden Barrack Obama. Padahal, kesepakatan itu akan menghapus sanksi ekonomi Iran bila Pemerintah Teheran bersedia menghentikan program nuklirnya hingga 2025 mendatang, dan menarik diri dari konflik Yaman dan Suriah.

Dalam pidatonya memperingati wafatnya Ayatollah Ruhollah Khomeini ke-29 itu, Khamenei menolak tekanan yang dilontarkan Presiden Trump untuk menghentikan program nuklirnya.

"Teheran akan melakukan serangan 10 kali lebih besar jika musuh-musuh menyerang kami," katanya. "Mereka tidak sudi Iran independen di kawasan Timur Tengah," sambung Khamenei.

Sementara itu, Mayor Jenderal Ali Jafari, komandan Garda Revolusi Iran menyatakan bahwa rudal Iran mampu menjelajah sejauh 2000 kilometer dan menghantam Israel serta basis-basis militer AS di Timur Tengah. [lat]

Komentar

Embed Widget
x