Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 12:57 WIB

Dua Aktivis Pro Demokrasi Hong Kong Dihukum

Selasa, 5 Juni 2018 | 07:46 WIB

Berita Terkait

Dua Aktivis Pro Demokrasi Hong Kong Dihukum
Baggio Leung dan Yau Wai-ching - (Foto: scmp)

INILAHCOM, Singapura--Dua orang aktivis pro-demokrasi Hong Kong telah dijatuhi hukuman satu bulan penjara atas insiden tahun 2016 dalam gedung legislatif.

Baggio Leung dan Yau Wai-ching terpilih tahun itu sebagai anggota Dewan Legislatif, tetapi ditolak oleh Pengadilan Tinggi Hong Kong karena menghina Cina ketika mengambil sumpah jabatan. Keduanya ditangkap atas tuduhan berusaha menerobos masuk ke dalam rapat dewan dan didakwa berkumpul dengan tidak sah.

Dalam sidang penjatuhan hukuman hari Senin (4/6), hakim Wong Sze-lai mengatakan tindakan Baggio dan Yau itu merusak wibawa badan legislatif. Mantan anggota dewan itu telah dibebaskan dengan uang jaminan sementara mereka naik banding.

Gerakan pro-demokrasi yang dipimpin oleh pemuda Hong Kong telah menuntut otonomi yang lebih besar dari Cina, yang memperoleh kekuasaan atas daerah itu dari Inggris tahun 1997.

Beijing menegakkan perumusan "satu negara, dua sistem" yang memberi Hong Kong banyak kebebasan, tetapi Cina telah memperkuat cengkramannya dalam beberapa tahun ini.

Cengkeraman tersebut telah menimbulkan puluhan demonstrasi protes mahasiswa, termasuk "Gerakan Payung" besar-besaran tahun 2014 yang menutup beberapa jalan raya yang besar selama lebih dua bulan. Gerakan ini , menuntut pemilihan umum yang bebas sepenuhnya. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x