Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 20:39 WIB

Pemimpin Sosialis Jadi PM Spanyol

Oleh : - | Sabtu, 2 Juni 2018 | 08:16 WIB

Berita Terkait

Pemimpin Sosialis Jadi PM Spanyol
Pemimpin Sosialis Spanyol, Pedro Sanchez - (Foto: elpais)

INILAHCOM, Madrid--Pemimpin Sosialis yang beroposisi Pedro Sanchez mengambil alih jabatan Perdana Menteri Spanyol, setelah Perdana Menteri Mariano Rajoy kalah dalam voting mosi tak percaya di parlemen pada hari Jumat (1/6). Demikian VOA, Sabtu (2/6).

Ini adalah untuk pertama kalinya seorang pemimpin Spanyol yang sedang menjabat disingkirkan oleh parlemen dalam kurun empat dekade demokrasi di Spanyol.

Sanchez menang dalam mosi tersebut dengan 180 suara mendukung, 169 suara menolak dan satu abstain di majelis rendah dengan 350 anggota itu.

Raja Spanyol Felipe VI masih harus mengambil sumpah jabatan Sanchez, yang berusia 46 tahun, sebelum ia menduduki jabatan tersebut.

Sanchez menjadi perdana menteri ketujuh Spanyol sejak negara itu kembali ke pemerintah demokrasi pada akhir 1970-an, setelah berakhirnya kediktatoran Francisco Franco.

Rajoy kalah dalam voting itu setelah enam tahun menjabat, menyusul dakwaan korupsi pekan lalu yang melibatkan mantan-mantan anggota Partai Rakyat pimpinannya yang berhaluan tengah kanan.

Usai voting, Rajoy menemui Sanchez dan berjabatan tangan dengan pemimpin mendatang Spanyol itu. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget

x