Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 00:03 WIB

Trump Respon Positif Korut Soal Pembatalan KTT

Oleh : - | Sabtu, 26 Mei 2018 | 08:07 WIB
Trump Respon Positif Korut Soal Pembatalan KTT
(Foto: voa)

INILAHCOM, Washington DC--Presiden AS Donald Trump merespon positif tanggapan Korea Utara (Korut) mengenai pembatalan pertemuan puncak antara dirinya dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Dalam cuitan yang diunggah melalui Twitter Jumat pagi (25/5), Trump menulis, "Kabar yang sangat baik, menerima pernyataan hangat dan produktif dari Korea Utara."

Ia menyatakan pihaknya dalam waktu dekat akan melihat arah yang dituju dan berharap ini akan mengarah ke kemakmuran dan perdamaian yang bertahan lama.

Korut hari Jumat menyatakan masih bersedia duduk bersama untuk melakukan pembicaraan dengan AS "kapan saja, dalam format apapun."

Wakil Menteri Luar Negeri Korut, Kim Kye Gwan, yang telah lama menjadi perunding nuklir dan diplomat senior negara itu, mengemukakan dalam pernyataan yang dimuat media pemerintah bahwa Korut "bersedia memberi Amerika waktu dan kesempatan" untuk mempertimbangkan kembali pembicaraan.

Trump membatalkan rencana pertemuan puncaknya dengan Kim pada Kamis pagi (24/5). Ia menyatakan alasannya adalah pernyataan-pernyataan mengancam Pyongyang baru-baru ini untuk keluar dari pertemuan itu terkait apa yang dianggap Korut sebagai pernyataan menyerang oleh para pejabat AS.

Diplomat Korut itu menyatakan kritik Pyongyang baru-baru ini merupakan reaksi atas retorika tak terkendali AS. Dia menambahkan, pertentangan belakangan ini menunjukkan mendesaknya kebutuhan untuk menggelar pertemuan puncak. [voa/lat]

Tags

Komentar

Embed Widget

x