Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 November 2018 | 02:40 WIB

Disaksikan Wartawan,Korut Bongkar Fasilitas Nuklir

Kamis, 24 Mei 2018 | 21:11 WIB

Berita Terkait

Disaksikan Wartawan,Korut Bongkar Fasilitas Nuklir
Fasilitas nuklir Korea Utara, Punggye-ri, di Provinsi North Hamgyong. - (Foto: businessinsider)

INILAHCOM, Jakarta--Korea Utara (Korut) telah melakukan apa yang disebut pembongkaran lokasi uji coba nuklirnya disaksikan para wartawan asing.

Pembongkaran itu berlangsung hari Kamis (24/5) di lokasi yang terletak jauh di pegunungan di kawasan timur laut Korut yang berpenduduk jarang, yakni Punggye-ri. Punggye-ri adalah salah satu situs uji coba nuklir yang terletak di Kilju County, Provinsi Hamgyong Utara. Situs ini menjadi saksi uji coba nuklir Korut di tahun2006, 2009, 2013, Januari 2016, dan 2017.

Rencana pembongkaran itu sebelumnya diumumkan oleh pemimpin Korut Kim Jong-un menjelang rencana pertemuan puncaknya dengan Presiden AS Donald Trump bulan depan.

Keputusan Korut untuk membongkar lokasi tersebut secara umum dianggap sebagai pernyataan Kim untuk menetapkan nada positif menjelang pertemuan puncak itu. Namun demikian, aksi ini bukanlah sesuatu yang tidak dapat diubah dan akan perlu diikuti oleh banyak lagi langkah yang lebih signifikan untuk memenuhi tuntutan Trump bagi denuklirisasi.

Korut tidak mengundang inspektur internasional ke acara tersebut, yang membatasi nilai pembongkaran itu sebagai suatu konsesi. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x