Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 07:07 WIB

Demo Pro-Palestina Ganggu Philadelphia Orchestra

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 24 Mei 2018 | 15:35 WIB
Demo Pro-Palestina Ganggu Philadelphia Orchestra
Philadelphia Orchestra - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Philadelphia--Penampilan Philadelphia Orcestra di Pusat Seni Kimmel Center, Jalan Broad, Philadelphia terganggu oleh aksi demonstrasi pro-Palestina, pekan lalu.

Philadelphia Inquirer mengabarkan Rabu (23/5), dua demonstran berhasil memasuki gedung pertunjukan yang tengah memainkan musik satu musik klasik. Yannick Nezet-Seguin yang menjadi dirijen pegelaran musik itu naik pitam dan meninggalkan podium sambil membanting tongkat dirijennya. Sejumlah pemain musik juga mengikuti langkahnya, sebelum kedua pemrotes itu dicerca penonton, dan diusir dari panggung.

Pertunjukan yang sempat terhenti selama 10 menit itu dilanjutkan kembali.

"Kita hidup di sebuah zaman di mana perbedaan pendapat merupakan hal yang penting. Sangat penting, dan harus didengar," kata Matthew Loden, salah satu Presiden Pusat Seni Kimmel Center kepada para penonton.

"Namun kesucian aula konser juga harus dihormati," sambungnya dan mempersilakan Philadelphia Orchestra melanjutkan pagelaran.

Demonstran yang terdiri 60 orang pro-Palestina itu, menuntut agar Philadelphia Orchestra membatalkan kunjungannya ke Israel. Mereka mengingatkan Israel membunuh 60 warga Palestina di perbatasan Jalur Gaza pekan lalu. Philadelphia Orchestra akan melakukan perjalanan tur Eropa dan Israel mulai 24 Mei hingga 5 Juni mendatang. Mereka akan main di Luxembourg, Wina sebelum terbang ke Israel.

Susan Abulhawa, salah satu penulis dan aktivis HAM dari Bucks County, Pennsylvania menuliskan, "Pagelaran tur Philadelphia Orchestra digunakan untuk mengalihkan perhatian dari tindak kriminalitas Israel," tulisnya di Philadelphia Inquirer.

Para pemain Philadelphia Orchestra berencana mengunjungi sekolah yang letaknya 10 mil dari Jalur Gaza. Tercatat 120 pemusik dan kru, 20 orang anggota keluarga dan 50 pendamping, akan terlibat dalam pertunjukan yang pernah dilakukan sebelumnya.[lat]

Komentar

Embed Widget

x