Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Juni 2018 | 15:17 WIB
 

Kanselir Jerman ke Cina, Bahas Ekonomi dan Hukum

Oleh : - | Kamis, 24 Mei 2018 | 08:03 WIB
Kanselir Jerman ke Cina, Bahas Ekonomi dan Hukum
Kanselir Jerman Angela Merkel - (Foto: VOA)

INILAHCOM, Berlin--Kanselir Jerman Angela Merkel melawat ke Cina hari Rabu (23/5), dengan sebuah delegasi bisnis, di tengah-tengah ketegangan yang muncul di antara AS dan Beijing serta Uni Eropa terkait isu perdagangan dan penolakan Washington atas kesepakatan nuklir dengan Iran.

Kunjungan Merkel ke Cina menyusul lawatannya ke Washington untuk bertemu Presiden AS Donald Trump, dan ke Sochi, Rusia, untuk melangsungkan pembicaraan dengan Presiden Rusia baru-baru ini.

Meskipun sedang mengalami ketegangan dengan AS, para pejabat Jerman menegaskan komitmen mereka yang berlanjut terhadap hubungan trans-atlantik. Mereka juga membantah dugaan bahwa Jerman sedang berusaha mencari aliansi-aliansi alternatif, bahkan setelah mereka mencapai kesepakatan dengan Rusia dan Cina terkait kesepakatan nuklir Iran dan isu-isu lain.

Kegiatan Merkel di Beijing pada Kamis (24/5) ini adalah termasuk pertemuan dengan PM Li Keqiang, Presiden Xi Jinping serta sejumlah senimana dan ilmuwan. Pada Jumar )25/5), ia akan melawat ke Shenzhen, di Cina selatan.

Menjelang lawatannya itu, Merkel mengatakan bahwa pembicaraannya dengan para pemimpin Cina akan membahas isu-isu seperti peraturan hukum, ekonomi dan sengketa perdaganagn internasional.

Amnesty International, Rabu, meminta Merkel dalam pertemuan-pertemuannya itu mengangkat isu mengenai penangkapan Liu Xia, janda pemenang Nobel Perdamaian Liu Xiaobo, dan menyerukan pembebasannya. [voa/lat]

Komentar

 
Embed Widget

x