Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 03:18 WIB
 

Kabinet Keamanan Israel Rapat di Bawah Tanah

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 23 Mei 2018 | 11:46 WIB
Kabinet Keamanan Israel Rapat di Bawah Tanah
PM Israel Benjamin Netanyahu - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Yerusalem--Kabinet Keamanan Israel mulai menggelar pertemuan mingguannya di sebuah ruangan bawah tanah di Yerusalem, Selasa (21/5).

Kantor berita Reuters mengabarkan, PM Israel Benjamin Netanyahu memimpin langsung rapat kabinet di ruang bawah tanah yang biasa disebut "Pusat Manajemen Nasional Israel". Ruangan itu pertama kali digunakan pada tahun 2011 sebagai langkah uji coba bila terjadi krisis nasional Israel.

Ruangan yang terletak di bawah kawasan pemerintahan Israel yang dilengkapi dengan fasilitas komando, dan beberapa ruang istirahat tersebut, digunakan bila terjadi serangan terhadap Israel.

Pertemuan dengan Dewan-dewan kabinet lainnya biasanya digelar di Kantor PM Israel di Yerusalem dan bersifat terbuka.

"Para menteri kabinet mengungkapkan, salah satu alasan kuat menggelar rapat di ruang bawah tanah, karena Netanyahu ingin memastikan pertemuan itu tidak bocor," bunyi laporan televisi Saluran 10. "Lagipula untuk mencegah pihak luar berupaya untuk menguping langkah-langkah Israel," lanjut laporan tadi.

Sebelas menteri Israel telah menggelar beberapa kali pertemuan di ruang itu. Tiga di antaranya digelar setiap pekan, dan dijadualkan akan berlangsung hari Rabu (23/5) ini.

Pertemuan itu digelar di ruang bawah tanah di tengah ketegangan yang makin tinggi antara Israel dan Iran. Seperti diketahui, Israel menuduh Iran melancarkan serangan roket dari Suriah di kawasan Dataran Tinggi Golan. Aksi Iran itu merupakan aksi balasan setelah Israel meluncurkan serangan udara terdahsyat ke Suriah sejak Perang Saudara berkecamuk di Suriah tahun 2011. [lat]

Komentar

x