Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Juni 2018 | 15:03 WIB
 

AS Janjikan Sanksi Lebih Berat Terhadap Iran

Oleh : - | Rabu, 23 Mei 2018 | 05:29 WIB
AS Janjikan Sanksi Lebih Berat Terhadap Iran
(Foto: voa)

INILAHCOM, Washington--Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengumumkan daftar tuntutan yang luas untuk kesepakatan baru dengan Iran. Dia mengancam akan memberlakukan sanksi yang menghancurkan ekonomi jika Teheran tidak mengubah perilakunya.

Daftar tuntutan 12 poin itu disampaikan dalam pidato di lembaga penelitian konservatif Heritage Foundation. Pidato itu menjabarkan strategi pemerintahan Donald Trump setelah menarik diri dari perjanjian nuklir Iran awal bulan ini.

Pompeo bersikeras bahwa di bawah kesepakatan baru, Iran harus meninggalkan upaya pengembangan senjata nuklir dan memberikan akses tanpa batas kepada para inspektur PBB ke situs-situs nuklir atau yang dicurigai sebagai tempat pengembangan nuklir di mana pun di negara itu.

Dia mengatakan Teheran juga harus mengakhiri proliferasi rudal balistik dan menghentikan "kegiatan destabilisasi" di Timur Tengah.

Jika Iran tidak berubah arah, Amerika Serikat "akan menerapkan tekanan keuangan lebih berat yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Pompeo.

Presiden Iran Hassan Rouhani menyepelekan ancaman tersebut.

Pemerintahan Trump berjanji untuk menerapkan kembali sanksi yang dicabut sebagai bagian dari perjanjian nuklir 2015, yang ditandatangani oleh Iran, Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Jerman, serta Rusia dan China. Amerika juga telah memberlakukan sanksi-sanksi tambahan. [voa/lat]

Komentar

 
Embed Widget

x