Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 09:37 WIB
 

PBB Bentuk Tim Pengusut Pembantaian Palestina

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 19 Mei 2018 | 12:55 WIB
PBB Bentuk Tim Pengusut Pembantaian Palestina
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Geneva - Anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB berkedudukan di Geneva, Swiss sepakat membentuk sebuah tim penyidik untuk mengusut pembantaian warga Palestina di perbatasan Jalur Gaza oleh Israel, Jumat (18/5/2018).

Kantor berita Reuters mengabarkan, resolusi itu didukung oleh 29 dari 47 anggota HAM PBB. AS dan Australia menentang keras resolusi pembentukan tim pencari fakta tersebut, sedangkan 14 negara lain seperti Inggris, Jerman dan Jepang abstain.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki menyambut hangat resolusi PBB itu. "Sebagai komisi investigasi internasional, Dewan HAM PBB melakukan langkah maju bagi keadilan rakyat Palestina," kata al-Maliki. Pengusutan itu, menurutnya, "Akan menghentikan aksi kriminal perang Israel," lanjutnya.

Dewan HAM PBB menggelar sidang khusus setelah 60 warga Palestina ditembak mati oleh tentara Israel di perbatasan Jalur Gaza. Warga Palestina yang menjadi Syuhada itu hendak melewati pagar pembatas kawat berduri yang memisahkan wilayah Palestina dengan pendudukan Israel. "Tidak seorang pun bisa selamat dari peristiwa mengerikan hari itu," tutur Zeid Raad al-Hussein, Ketua HAM PBB.

Resolusi itu tentu saja ditentang Israel dan AS. Tragedi kematian itu terjadi, menurut Israel, karena aksi protes yang diorganisir oleh kelompok militan Hamas yang mengendalikan Jalur Gaza. Kawasan itu di bawah kendali Hamas sejak 2007, setelah Israel mengalami tiga kali perlawanan Hamas. 2 juta warga Palestina hidup di wilayah penduduk Jalur Gaza, setelah mereka terusir dari Israel yang mendirikan negara pada 1948. "Aksi sepihak yang diusulkan hari ini menunjukkan bahwa Dewan HAM benar-benar tidak solid," kata Theodore Allegra, anggota Dewan dari AS.

Tags

Komentar

 
x