Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 04:54 WIB

Ubah Nilai, Siswa SMA Ini Gunakan Metode Phishing

Kamis, 17 Mei 2018 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Ubah Nilai, Siswa SMA Ini Gunakan Metode Phishing
(ist)

INILAHCOM, Concord - Metode serangan phishing tak hanya digunakan dalam serangan siber besar, tapi juga serangan siber dengan skala lebih kecil, seperti yang terjadi di sebuah SMA di AS ini.

Seorang siswa Ygnacio Valley High School di Concord, California, AS, menggunakan metode phishing untuk mengakses sistem komputer sekolah dan mengubah nilai dari beberapa murid. Akibat perbuatannya, siswa tersebut akhirnya 'diamankan' oleh pihak berwajib.

Siswa bernama David Rotaro itu membuat situs palsu yang terlihat sama persis dengan situs asli milik sekolahnya. Kemudian dia mengirimkan email pada para guru dengan tujuan mendorong mereka untuk mengakses akun mereka di situs palsunya.

Engadget melaporkan, setidaknya ada seorang guru yang tertipu dan memasukkan informasi login dan password ke situs palsu itu. Lalu Rotaro menggunakan informasi itu untuk mengakses jaringan Mount Diable Unified School District IT dan mengubah nilai dari beberapa murid.

Dikabarkan, dia juga menurunkan nilai dari beberapa siswa. Ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa dia juga mengubah nilainya sendiri, meski ada laporan lain yang menyebutkan dia hanya mengubah nilai murid lain.

"Kami percaya, nilai dari 10 sampai 15 murid diubah, tapi kami masih melakukan penyelidikan," kata Sersan Carl Cruz pada KTVU.

Pihak kepolisian mendapatkan izin untuk mencari alamat IP terkait dengan email phishing, yang menuntun mereka ke rumah Rotaro. Di sana, polisi menemukan sebuah USB yang disembunyikan di dalam kotak tisu.

Pihak sekolah telah menjatuhkan sanksi skors kepada Rotaro yang kini tengah menunggu jadwal pengadilan. Seraya meminta maaf, Rotaro menyebut bahwa di masa depan dia ingin bekerja di bidang IT.

Rotaro juga mengatakan, salah satu alasan dia melakukan peretasan ini adalah karena dia ingin menunjukkan lemahnya keamanan sistem komputer di sekolahnya.

Komentar

Embed Widget
x