Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 09:21 WIB
 

Politikus Partai Kongres India Terlibat Pembunuhan

Oleh : Didi Prambadi | Selasa, 15 Mei 2018 | 11:29 WIB
Politikus Partai Kongres India Terlibat Pembunuhan
Shashi Tharoor

INILAHCOM, New Delhi - Shashi Tharoor seorang politikus berpengaruh India, dikenai dakwaan ikut terlibat dalam kasus pembunuhan misterius yang menimpa Sunanda Pushkar, istrinya yang ketiga, tahun 2014 lalu.

The New York Times melaporkan, dakwaan itu dikeluarkan pihak kepolisian New Delhi, Senin (14/5/2018). "Kami memiliki sejumlah bukti kuat dan tuntutan medis yang menyangkut Shashi Tharoor dengan kematian istrinya," bunyi keterangan resmi Polda New Delhi.

Politikus berusia 62 tahun dari Partai Kongres ini, dikenal berwajah tampan. Shashi Tharoor dikenal di kalangan papan atas di Delhi, karena bahasa Inggrisnya yang bagus. Pria India yang suka mengenakan sutera putih ini juga menulis banyak buku dan novel, serta pernah menjadi diplomat India di PBB, New York, di masa pemerintahan terdahulu. Bahkan banyak yang menduga, suatu hari kelak, Shashi Tharoor akan menjadi perdana menteri India.

Hubungannya dengan Sunanda Pushkar, istri ketiganya yang dinikahinya pada 2010, mulai renggang, setelah Shashi Tharoor dituduh selingkuh. Sebelum kematiannya, Sunanda menuduh suaminya berselingkuh dengan seorang wartawati Pakistan. "Bisa jadi ia digarap oleh wartawati yang berfungsi juga sebagai agen rahasia Pakistan," tuduh Sunanda Pushkar.

Beberapa hari kemudian, setelah kembali dari sebuah respsi dengan para pejabat Partai Kongres, Sashi Tharoor melaporkan istrinya ditemukan tewas di sebuah kamar hotel. Sunanda terbaring di tempat tidur dengan pakaian lengkap. Hasil autopsi ahli forensik menyebutkan, tubuh korban memar bekas pukulan. Namun Shashi Tharoor tidak merinci lebih jauh, kecuali menyatakan bahwa istrinya bunuh diri, dan kasus itu pun dibekukan.

Baru Senin kemarin polisi mengeluarkan tuduhan baru yang menyatakan Sashi Tharror terlibat dalam kematian istrinya. "Tidak seorang pun yang percaya bahwa istriku bunuh diri," sanggah Sashi Tharoor. "Kenapa setelah empat tahun lebih, motivasi kematiannya baru terungkap," lanjutnya.

Desas desus menyatakan, kasus ini muncul kembali, untuk menjatuhkan nama Partai Kongres dalam pemilu nasional India yang akan digelar tahun depan. Dan hal itu dilakukan oleh Partai Bharatiya Janata, partai Hindu nasionalis pendukung PM Narendra Modi.

Tags

Komentar

x