Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Mei 2018 | 18:03 WIB
 

14-15 Mei Warga Palestina Terobos Kawat Berduri

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 11 Mei 2018 | 12:09 WIB
14-15 Mei Warga Palestina Terobos Kawat Berduri
Bentrokan warga Palestina dengan tentara Israel di perbatasan. - (Foto: dailysabah)

INILAHCOM, Gaza City--Rakyat Palestina akan menggelar protes besar-besaran pada 14 - 15 Mei nanti bersamaan dengan pembukaan Kedubes AS di Jerusalem.

NPR News mengabarkan, hal itu diutarakan Yehiyeh Sinwar, Kamis (10/5/2018). "Saya tidak biasa bicara pada media," kata Sinwar pemimpin kelompok Hamas di Jalur Gaza di Kota Gaza.

"Saat ini adalah waktu paling kritis sebelum Palestina menggelar protes besar-besaran di perbatasan Israel," lanjutnya. Apalagi, menurut Sinwar, 14-15 Mei diperingati sebagai hari berduka bagi Palestina, yang kalah perang pada 1948.

Pemimpin Hamas yang cukup disegani itu meminta warga Palestina untuk melintasi perbatasan Israel yang dipagar kawat berduri. "Ada masalah apa dengan rabutan ribu warga yang akan menerobos perbatasan," kata Sinwar. "Kawat beruri itu bukan sapi suci kan?" lanjutnya menambahkan.

Hari itu, warga Palestina akan menerobos perbatasan yang disebut sebagai 'Great March of Return' atau 'Langkah Besar untuk Kembali'. Artinya, mereka hendak kembali ke tanah air mereka yang hilang dirampas Israel 70 tahun lalu, ketika negara Yahudi didirikan.

"Kami tidak akan menerima tembok penjara itu. Dan, kalian juga tidak akan menerima kehidupan seperti itu, bukan?" tanya Sinwar kepada wartawan yang meliput acara konperensi pers.

Risikonya cukup besar. Tentara Israel telah diperintahkan untuk menembak mati para pelanggar perbatasan yang berani merangsek masuk ke wilayah Israel. [lat]

Komentar

 
Embed Widget

x