Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 19:37 WIB
 

Menteri Polandia Terbelit Lukisan da Vinci

Oleh : Didi Prambadi | Kamis, 10 Mei 2018 | 11:33 WIB
Menteri Polandia Terbelit Lukisan da Vinci
lukisan Leonardo da Vinci - (Foto: yahoo)

INILAHCOM, Warsawa--Piotr Glinski, Menteri Kebudayaan Polandia berhasil mempertahankan diri dari mosi tidak percaya oleh parlemen, setelah ia membeli lukisan Leonardo da Vinci dari seorang kolektor lukisan.

Kantor berita Associated Press mengabarkan Rabu (9/5) Piotr Glinski dituduh membuang-buang dana US$120 juta untuk membeli lukisan 'Lady with an Ermine'. Lukisan karya Leonardo da Vinci itu, dibeli dari seorang kolektor aristokrat Polandia berdarah Spanyol.

Menurut pengkritiknya, Piotr Glinski bahkan tidak mengeluarkan dana bukan untuk kebudayaan Polandia. Tapi dikirimkan ke sebuah akun di Luxemborg, entah milik siapa. Para pengkritik juga mengungkapkan pembelian karya seni itu juga tidak diperlukan, karena koleksi itu memang milik Pemerintah Polandia. Koleksi seni itu hadiah dari Ratu Polandia Izabela Czartoryska, yang lama tersimpan di luar negeri.

Namun tuduhan itu ditampik oleh Piotr Glinski, yang menjelaskan bahwa lukisan Leonardo da Vinci itu adalah karya seni monumental milik Polandia yang lama tak terurus. Sehingga pemerintah Polandia berupaya menyelamatkan karya seni itu.

"Agar tidak rusak dan keamanannya terjamin, lukisan itu kita beli dari seorang kolektor seni dunia," kata Piotr Glinski. Tahun lalu misalnya, sebuah karya Leonardo berjudul 'Salvator Mundi' dibeli penguasa Uni Emirat Arab untuk melengkapi Museum Louvre Abu Dhabi seharga US$ 450 juta.

Ribut-ribut kasus lukisan itu, berakhir dengan keberhasilan Pitor Glinski lolos dengan 237 melawan 188 yang menolak mosi di parlemen yang mayoritas kursi dikuasai partai penguasa. [lat]

Komentar

Embed Widget

x