Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 09:02 WIB
 

Singapura Tuan Rumah Pertemuan Trump-Kim?

Oleh : - | Senin, 7 Mei 2018 | 16:05 WIB
Singapura Tuan Rumah Pertemuan Trump-Kim?
(Foto: AP Photo)

Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kemungkinan akan bertemu di Singapura bulan depan, AFP melaporkan, Senin (7/5), mengutip berbagai laporan.

Pada akhir pekan, Trump mengatakan kedua pihak telah menyetujui tanggal dan lokasi untuk pertemuan puncak, yang merupakan pertemuan pertama antara seorang Presiden AS dan Pemimpin Korea Utara. Trump tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai rencana pertemuan.

"Kami akan segera mengumumkannya," kata Trump kepada para wartawan.

Pertemuan puncak bersejarah itu akan digelar "pertengahan Juni," harian Korea Selatan, Chosun Ilbo melaporkan, Senin, berdasarkan sumber-sumber diplomatik yang mengutip Penasihat Keamanan Nasional Trump, John Bolton.

Koran tersebut mengindikasikan kemungkinan Singapura menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah tersebut "makin menguat" setelah keputusan Trump menjadi tuan rumah untuk kunjungan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Gedung Putih pada bulan ini. Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai hal itu.

Bolton bertemu dengan rekannya dari Korea Selatan, Chung Eui-yong, di Washington akhir minggu lalu untuk mendiskusikan rencana untuk kedua lokasi, menurut laporan media setempat.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, juga melaporkan hal yang sama. Yonhap melaporkan Singapura makin menguat sebagai lokasi pilihan untuk pertemuan puncak tersebut.

Trump sebelumnya mengindikasikan Zona Demiliterisasi antara dua Korea, yang menjadi lokasi pertemuan Kim dan Moon, bisa juga menjadi tempat pertemuan antara Trump dan Pemimpin Korea Utara.

Tempat-tempat lain yang dilaporkan kemungkinan menjadi lokasi pertemuan, termasuk Mongolia dan Swiss. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget

x