Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 19:32 WIB

Ratusan Warga India Tewas Terkena Badai Pasir

Oleh : Didi Prambadi | Sabtu, 5 Mei 2018 | 13:38 WIB

Berita Terkait

Ratusan Warga India Tewas Terkena Badai Pasir
(Foto: AFP)

INILAHCOM, New Delhi--Sedikitnya 125 orang tewas akibat badai debu yang merobohkan sejumlah dinding, rumah di beberapa pedesaan India Utara.

BBC mengabarkan Jumat (4/5/), badai debu disertai angin kencang secepat 132 kilometer per jam itu, diringi pula oleh hujan kerikil dan petir.

Penduduk Desa Badhera, kawasan paling parah terkena badai itu menjelaskan, mereka bahkan tidak diberi peringatan sebelumnya oleh badan meteorologi India. Mereka membantah keterangan pihak kepolisian bahwa peringatan telah disampaikan ke penduduk yang terkena musibah tersebut.

Di negara bagian Uttar Pradesh dan Rajasthan, badai debu atau pasir, memutuskan kabel-kabel listrik, dan merobohkan sejumlah pohon, merusak rumah penduduk dan menewaskan hewan ternak.

Sementara itu, di Distrik Agra, Uttar Pradesh, lokasi Monumen Taj Mahal, merupakan kawasan paling parah terkena badai debu kali ini. Debu disertai angin kencang berkekuatan ratusan kilometer per jam itu, juga melanda Alwar, Bharatpur dan Dholpur di negara bagian Rajasthan. Banyak korban tewas karena tidur di dalam rumah yang rubuh diterpa angin kencang atau tersengat petir.

Badai debu atau pasir merupakan fenomena alam yang umumnya terjadi di kawasan kering dan berpasir. Badai debu terjadi ketika hembusan angin meniup pasir dari permukaan yang kering. Partikel halus itu dipindahkan oleh angin puting beliung dari satu tempat ke tempat lain. Kawasan kering seperti Afrika Utara, Semenanjung Arab, Pakistan, India dan merupakan daratan sumber debu atau pasir di udara.

Pemerintah Uttar Pradesh mengumumkan sanak keluarga korban yang tewas, akan menerima santunan sebesar US$6 ribu. Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan bersedih dengan banyaknya korban jiwa dalam malapetaka ini.

"Ikut berduka bagi para korban bencana. Semoga korban luka-luka segera sembuh kembali. Saya telah meminta para pejabat tinggi untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah negara bagian guna memberi bantuan bagi mereka yang tertimpa musibah ini," tulis PM India Narendra Modi.[lat]

Komentar

Embed Widget
x