Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 00:06 WIB

ISIS Ancam Kacaukan Pemilu di Negara Islam

Oleh : - | Kamis, 3 Mei 2018 | 12:15 WIB
ISIS Ancam Kacaukan Pemilu di Negara Islam
Kelompok bersenjata ISIS - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tripoli--Kelompok militan yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS mengancam akan melakukan serangan selama proses pemilihan umum di negara-negara yang mayoritas penduduknya Islam.

Serangan bom bunuh diri di kantor Komisi pemilihan umum di ibu kota Libia, Tripoli, yang menewaskan sedikitnya 12 orang, merupakan pelaksanaan dari ancaman tersebut. Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Kamis (3/5).

Walaupun tidak secara rinci menyebut nama negaranya, juru bicara ISIS mengatakan ancaman serangan itu sebelumnya secara khusus ditujukan kepada Mesir dan Irak.

Dalam serangan di Kantor Pemilihan Umum Libia, ISIS mengklaim bertanggung jawab, tetapi tidak memberikan bukti-bukti atas klaimnya tersebut.

Setidaknya ada seorang pelaku bom bunuh diri yang meledakkan dirinya saat berada di dalam kantor pemilu, sementara lainnya menembak dan membakar gedung tersebut.

Serangan di kantor penyelenggara pemilu Libia ini disebut salah-satu serangan yang paling mematikan di ibu kota Libya, Tripoli, dalam beberapa tahun terakhir.

Selain menewaskan sedikitnya 12 orang, serangan brutal ini melukai sejumlah orang lainnya.

Sejumlah saksi mata mengatakan, para militan itu menembaki para pegawai komisi pemilu dan terlibat baku tembak dengan pasukan keamanan Libia.

Libia dilanda kekacauan sejak penggulingan Muammar Gaddafi pada 2011 dan ada kekhawatiran bahwa kelompok militan ISIS kembali bercokol di wilayah itu. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget

x