Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 04:45 WIB

Trump Dituduh Rekayasa Surat Sehat Pilpres AS

Rabu, 2 Mei 2018 | 13:51 WIB

Berita Terkait

Trump Dituduh Rekayasa Surat Sehat Pilpres AS
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington--Mantan dokter Donald Trump, Harold Bornstein, mengatakan surat keterangan yang mencantumkan namanya di berkas keterangan kesehatan Trump, saat kampanye pilpres Amerika Serikat, ditulis sendiri oleh Trump.

Dalam surat keterangan tersebut ditulis bahwa Trump adalah "orang yang paling sehat untuk dipilih menjadi presiden" dengan "kekuatan fisik dan stamina yang luar biasa".

Ditulis pula bahwa tekanan darah Trump dan uji laboratorium "luar biasa bagus" dan berat badan Trump turun tujuh kilogram dalam waktu satu tahun.

Ditambahkan bahwa Trump "tak punya penyakit kanker atau pernah menjalani operasi persendian".

"(Trump) mendiktekan isi surat keterangan," ungkap Harold Bornstein dalam wawancara dengan CNN, seperti dikutip dari BBC, Rabu (2/5).

Ia mengatakan surat yang dikeluarkan pada 2015 yang menyebutkan bahwa Trump adalah 'calon presiden paling sehat' tidak didasarkan pada tes kesehatan.

Tidak jelas mengapa baru sekarang Bornstein mengeluarkan klaim tersebut.

Bornstein juga mengatakan pengawal pribadi Trump menggerebek kantornya pada Februari 2017 dan mengambil semua data medis Trump.

"Mereka berada di kantor saya sekitar 25 hingga 30 menit, kacau suasananya," kata Bornstein kepada NBC News, seraya menambahkan penggerebekan ini membuatnya merasa 'seperti diperkosa dan merasa sangat terpukul'.

Insiden ini berlangsung tak lama setelah surat kabar The New York Times menerbitkan laporan bahwa Bornstein 'mengeluarkan resep obat agar Trump tak mengalami kebotakan'.

Menanggapi kejadian ini, sekretaris media Gedung Putih, Sarah Sanders, bersikukuh bahwa ini bukan penggerebekan. Ia menyebutnya sebagai prosedur standar unit kesehatan Gedung Putih untuk mengambil catatan medis presiden.

Trump adalah calon paling tua yang terpilih menjadi presiden AS. Ia pernah menulis di Twitter bahwa dirinya 'punya gen kesehatan yang luar biasa'.

Januari lalu Trump menjalani pemeriksaan selama tiga jam di tengah laporan tentang kesehatan mentalnya. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x