Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Mei 2018 | 16:14 WIB
 

Pemerintah Maroko Putuskan Hubungan dengan Iran

Oleh : Didi Prambadi | Rabu, 2 Mei 2018 | 13:27 WIB
Pemerintah Maroko Putuskan Hubungan dengan Iran
(Foto: minister)

INILAHCOM, Rabat - Maroko memutuskan hubungan dengan Iran karena dituduh mendukung pejuang Front Polisario dengan sejumlah pelatihan, dana dan senjata.

Kantor berita AP mengabarkan Selasa (1/5/2018), Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita telah menelepon Menlu Iran Mohammad Javad Zarif untuk memberitahu hal tersebut. Dubes Maroko di Teheran telah berangkat pulang ke tanah air dan Dubes Iran di Maroko akan segera meninggalkan Rabat.

Dalam pernyatannya kepada wartawan, Menlu Nasser Bourita menjelaskan, pihaknya mendapat bukti kuat kelompok militan Hezbollah yang didukung Iran, membantu gerilyawan Polisario sejak 2016 silam. Bahkan, akhir bulan lalu, Hezbollah telah mengirim senjata pertama kalinya ke Polisario. Dalam kesempatan itu, Menlu Bourita mengaku telah menunjukkan bukti-bukti itu kepada para pemimpin Hezbollah dan Polisario, dalam beberapa kali pertemuan di kamp pengungsi Sahrawi.

Kolaborasi antara Hezbollah dengan gerilyawan Polisario semakin meningkat setelah pemerintah Maroko menahan Kassim Tajeddine. "Pengusaha Lebanon ini dituduh melakukan pencucian uang dan membiayai kelompok Hizbullah," tuduh Menlu Nasser Bourita.

Sejak lama, hubungan Maroko dan Iran semakin renggang terutama setelah Maroko dikabarkan mendukung Pemerintahan Bahrain yang berpaham Suni. Namun hal itu dibantah Menlu Bourita yang menampik perbedaan Suni-Syiah itu tak ada hubungannya dengan putusnya hubungan kedua negara.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x