Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 08:56 WIB
 

Korut Undang Korsel dan AS Tutup Lokasi Nuklir

Oleh : - | Senin, 30 April 2018 | 05:53 WIB
Korut Undang Korsel dan AS Tutup Lokasi Nuklir
Seorang pejabat Korsel menerangkan lokasi uji coba nuklir Korut, Punggye-ri. - (Foto: thenational)

INILAHCOM, Seoul--Lokasi uji coba nuklir Korea Utara akan ditutup pada Mei mendatang, sebut pernyataan Kantor Kepresidenan Korea Selatan (Korsel).

Juru Bicara Kepresidenan Korsel mengatakan penutupan lokasi Punggye-ri akan dilakukan secara terbuka dengan mengundang sejumlah pakar dari Korsel dan Amerika Serikat (AS).

Penutupan itu mengemuka setelah Pemimpin Korut, Kim Jong-un, dan Presiden Korsel, Moon Jae-in, sepakat mengakhiri Perang Korea yang berakhir pada 1953 melalui gencatan senjata, tanpa perjanjian perdamaian.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya juga sepakat mencapai "Semenanjung Korea bebas nuklir".

Juru Bicara Kepresidenan Korsel, Yoon Young-chan, mengatakan Kim telah menyebut bahwa dirinya "akan melaksanakan penutupan lokasi uji coba nuklir pada Mei".

Yoon menambahkan, Kim juga mengatakan dirinya "akan segera mengundang para ahli dari Korea Selatan dan AS untuk mengungkap proses itu kepada komunitas internasional dengan transparansi".

Kantor Kepresidenan Korsel mengumumkan bahwa Korut akan mengubah zona waktunya--yang beda setengah jam--agar sesuai dengan waktu Korsel.

Korut sejauh ini belum merilis pernyataan resmi soal penutupan lokasi uji coba nuklir.

Punggye-ri--yang diyakini sebagai fasilitas nuklir utama Korut--berada di kawasan pegunungan di sebelah timur laut Korut.

Uji coba nuklir selama ini digelar di sistem terowongan yang digali di bawah Gunung Mantap, dekat Punggye-ri.

Sejak 2006, terdapat enam kali uji nuklir diadakan di sana.

Uji coba terkini, pada September 2017, telah memicu serangkaian gempa sehingga diyakini sejumlah ahli gempa mengakibatkan bagian dalam gunung runtuh sebagian.

Soal dugaan ini, Kim Jong-un mengeluarkan pernyataan untuk menanggapinya.

"Beberapa orang berkata kami menutup fasilitas-fasilitas yang tidak berfungsi, namun Anda akan melihat fasilitas-fasilitas itu berada dalam kondisi baik," kata Kim kepada Moon sebagaimana dikutip kantor berita Yonhap.

Informasi mengenai keberadaan Punggye-ri selama ini diperoleh dari pencitraan satelit dan pemantauan pergerakan peralatan di lokasi tersebut. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget

x