Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 06:51 WIB

PBB: Israel Jangan Berlebihan di Gaza

Sabtu, 28 April 2018 | 08:02 WIB

Berita Terkait

PBB: Israel Jangan Berlebihan di Gaza
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jenewa--Komisaris HAM PBB mendesak Israel agar menahan diri dari penggunaan kekuatan berlebihan terhadap warga Palestina yang telah berminggu-minggu mengadakan protes besar-besaran di perbatasan Gaza dengan Israel.

Zeid Ra'ad Al Hussein mengeluarkan imbauan itu menjelang pawai Gaza putaran kelima, Jumat (27/4), yang antara lain bertujuan untuk memecahkan blokade satu dekade terhadap wilayah tersebut.

Al Hussein menyatakan Israel tidak memedulikan peringatan PBB dan pihak-pihak lain, setelah pasukan Israel menggunakan kekuatan yang mematikan terhadap demonstran tak bersenjata, sehingga menewaskan 35 warga Palestina dan mencederai lebih dari 1.500 lainnya.

Sejak akhir Maret, ribuan orang berdemonstrasi di dekat perbatasan setiap Jumat, sebagian melemparkan batu atau membakar ban-ban. Israel menyatakan penguasa Gaza dari kelompok militan Hamas menggunakan unjuk rasa sebagai penyamar bagi serangan-serangan di perbatasan, termasuk di antaranya dengan memasang bahan-bahan peledak. [voa/lat]

Komentar

x