Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 14:02 WIB

Pemimpin Korut dan Presiden Korsel Bersalaman

Jumat, 27 April 2018 | 09:26 WIB

Berita Terkait

Pemimpin Korut dan Presiden Korsel Bersalaman
Kim Jong-un dan Moon Jae-in bersalaman di kawasan DMZ. - (Foto: BTA)

INILAHCOM, Panmunjom--Kim Jong-un, menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang melawat dan menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak 1953.

Lawatan mulai Jumat (27/04) ini sekaligus menandai pertemuan puncak pertama kedua negara selama kurun lebih dari satu dekade terakhir, demikian laporan yang dikutip dari BBC.

Kim Jong-un berjalan melewati garis demarkasi di zona demiliterisasi (DMZ) untuk menemui Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in di Desa Panmunjom.

Tak lama kemudian kedua pemimpin negara, yang secara teknis masih dalam keadaan berperang karena tidak ada perjanjian yang mengakhiri perang Korea pada 1950-an, menggelar pembicaraan.

Media Korea Utara mengatakan Kim Jong-un akan bersifat terbuka untuk membahas semua isu, termasuk masa depan senjata nuklir di Semenanjung Korea dan kemungkinan mengakhiri Perang Korea secara resmi.

Siapa saja yang dibawa oleh Kim Jong-un dalam pertemuan puncak ini?

Ia dilaporkan membawa sekelompok politisi elite, orang kepercayaan, dan penasehatnya untuk melintasi perbatasan masuk ke Korea Selatan.

Pertemuan puncak kedua Korea yang ketiga sejak berakhirnya Perang Korea tahun 1953 lalu--setelah tahun 2000 dan 2007--berlangsung di wilayah Selatan dalam zona demiliterisasi di perbatasan kedua negara.

Pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, juga menjadi pendahulu bagi pertemuan Kim dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang belum ditentukan waktu maupun tempatnya.

Korea Selatan mengatakan belum pernah menyambut delegasi senior dari Pyongyang seperti sekarang ini untuk pertemuan puncak ketiga pada Jumat (27/4) ini. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget
x