Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 13:23 WIB

Korut Sebaiknya Bongkar 5 Bom Nuklirnya

Rabu, 25 April 2018 | 20:39 WIB

Berita Terkait

Korut Sebaiknya Bongkar 5 Bom Nuklirnya
Uji coba nuklir Korea Utara - (Foto: time)

INILAHCOM, Seoul--Korea Utara sebaiknya melenyapkan lima bom nuklir, yang merupakan kira-kira 10 persen dari persenjataannya, untuk membuktikan kesungguhannya kali ini mengenai penghentian program nuklirnya.

Bruce Bennett, analis pertahanan dan pakar mengenai militer Korea Utara di organisasi penelitian RAND Corporation California, AS menyatakan, ini adalah langkah awal pembinaan rasa saling percaya dalam proses perundingan jangka panjang yang akan menyusul.

"Yang akan diusahakan oleh Amerika Serikat adalah penghapusan nuklir yang sungguh-sungguh. Jadi, pendapat saya adalah kalau Kim Jong-un sungguh-sungguh, ia kemungkinan mempunyai 30 atau 50 atau 60 senjata nuklir, mengapa ia tidak membongkar lima dari bomnya?" kata Bennettt di forum keamanan Asian Plenum di Seoul, seperti dikutip dari VOA, Rabu (25/4).

Peralihan yang dilakukan Korea Utara tahun ini dari percobaan misil balistik dan nuklir yang provokatif ke usaha diplomatik telah banyak mengurangi kemungkinan konflik militer di kawasan itu.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tampaknya sedang menempuh penyelesaian dalam atas konfrontasi nuklir dengan mengutarakan kesediaan menghentikan program senjata nuklir negara itu dengan imbalan jaminan keamanan dan pengurangan sanksi. Langkahnya ini diikuti dengan melakukan pembicaraan tingkat tinggi, seperti dengan Presiden Cina Xi Jinping, kemudian pekan ini dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan dengan Presiden AS Donald Trump setelah itu. [voa/lat]

Komentar

Embed Widget
x