Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 09:48 WIB
 

Meksiko Larang Jual Boneka Barbie Frida Kahlo

Oleh : - | Minggu, 22 April 2018 | 13:40 WIB
Meksiko Larang Jual Boneka Barbie Frida Kahlo
Boneka Barbie Frida Kahlo - (Foto: gruporadioguaymas)

INILAHCOM, Mexico City--Sebuah pengadilan melarang penjualang boneka Barbie Frida Kahlo yang kontroversial di Meksiko, dan memutuskan bahwa hanya keluarganya yang memiliki hak terhadap citra seniman ini.

Perusahaan produsen mainan Mattel meluncurkan sejumlah boneka Barbie baru yang desainnya berdasarkan pada "perempuan inspiratif"--seniman Frida Kahlo, salah satu diantaranya.

Namun, sejumlah kerabat Kahlo mengatakan perusahaan tersebut telah menggunakan citra Kahlo tanpa izin.

Cicit keponakannya, Mara Romeo, mengatakan pada kantor berita AFP bahwa warna kulit boneka tersebut terlalu terang.

"Saya menginginkan boneka itu memiliki sifat seperti Frida, bukan boneka dengan mata berwarna terang," kata dia.

Setelah keputusan pengadilan, Romeo mengatakan kepada AFP bahwa dia merasa "bergetar" dan berpikir bahwa keadilan "telah dijalankan".

"Itu seharusnya lebih mirip dengan boneka Meksiko," kata dia, "dengan kulit lebih gelap, alis yang menyatu, tidak terlalu langsing karena Frida tidak seramping itu...menggunakan pakaian lebih Meksiko, dengan perhiasan Meksiko".

Kahlo merupakan salah satu pelukis terbesar pada abad-20, terkenal dengan foto dirinya yang intim merefleksikan kepedihan dan isolasi.

Keputusan pengadilan hanya berlaku di Meksiko dan mungkin akan diajukan ke tingkat banding, meski kuasa hukum Mattel belum memberikan komentar.

Keluarga Kahlo mengatakan kepada AFP akan mengajukan gugatan serupa di AS.

Frida Kahlo, yang hidup pada 1907 sampai 1954, merupakan seorang anggota Partai Komunis Meksiko di masa mudanya dan dengan bangga mempromisikan budaya suku asli Meksiko melalui karya seninya.

Dia juga menantang norma gender pada masanya dengan menggunakan celana panjang dan memiliki hubungan dengan perempuan lain serta dengan laki-laki. Karyanya juga melukiskan hubungan menyakitkan denga tubuhnya, cacat karena spina bifida, polio dan sebuah kecelakaan bus.

Cacat fisiknya tidak tampak dalam boneka Barbie.

Reaksi terhadap boneka Barbie Kahlo itu bervariasi di Twitter, ada yang mendukung dan menolaknya. [bbc/lat]

Komentar

Embed Widget

x