Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 21 Mei 2018 | 16:02 WIB
 

Pengungsi Rohingya Segera Dikembalikan ke Myanmar

Oleh : Didi Prambadi | Jumat, 20 April 2018 | 12:03 WIB
Pengungsi Rohingya Segera Dikembalikan ke Myanmar
(Foto: unhcr)

INILAHCOM, Yangon - Win Myat Aye, Menteri Urusan Sosial Myanmar mengaku sangat prihatin melihat kondisi para pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh.

Kantor berita Reuters mengabarkan, hal itu diungkap Win Myat Aye setelah pulang dari Bangladesh usai meninjau para pengungsi Rohingya Kamis (19/4/2018). "Kami melihat mereka berada di kamp pengungsi dalam kondisi yang sangat miskin," kata Win Myat Aye.

Pejabat tinggi Myanmar itu menyatakan agar para pengungsi itu segera direpatriasi ke Myanmar segera. "Langkah repatriasi dilakukan sesegera mungkin, karena musim hujan sudah dekat. Dan kami sangat khawatir dengan kondisi mereka yang melarikan diri ke Bangladesh," kata Win Myat Aye.

Menurutnya, para pengungsi Rohingya itu akan diberi hak untuk mendapatkan kartu Verifikasi Nasional Myanmar, NVC. Kartu itu merupakan bagian dari upaya Pemerintah Myanmar untuk mendaftar ulang warga Rohingya yang dianggap tidak memiliki kewarga negaraan Myanmar.

Para pemegang NVC itu boleh mendaftarkan diri sebagai warga Myanmar, negara yang mayoritas beragama Budha itu, dalam jangka waktu lima bulan setelah menjalani pemeriksaan secara hukum. "Mereka yang layak menjadi warganegara akan menjadi warga Myanmar," kata Win Myat Aye, tanpa menjelaskan lebih lanjut, mengapa selama ini pengungsi Rohingya itu bukan warga Myanmar.

Menurut PBB dan kelompok HAM, operasi militer Myanmar menyebabkan 700 ribu warga Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh, sejak Agustus 2017. Mereka kebanyakan hidup di kamp pengungsi di bawah tenda bambu beratap terpal plastik di kawasan Cox, selatan Bangladesh.

Komentar

 
Embed Widget

x